Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Stok Beras di Sultra Aman Hingga Idul Fitri

Warta Ekonomi -

WE Online, Kendari - Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah atau 2016 Masehi, stok kebutuhan beras di sejumlah gudang Bulog Sulawesi Tenggara (Sultra), dipastikan cukup aman dan terkendali.

Kepala Divre Bulog Sulawesi Tenggara, La Ode Amijaya Kamaluddin, Kamis (5/5/2016), mengungkapkan, stok kebutuhan tersebut, juga didukung adanya panen padi di sejumlah sentra pertanian mitra Bulog, yang diharapkan dapat diserap sebanyak 15 ribu ton beras.

"Selain aman, harga beras di pasaran yang didistribusi Bulog Sultra juga relatif stabil, meskipun harga dikeluarkan beberapa distributor sedikit mengalami kenaikan akibat efek dari belum adanya panen hingga akhir April 2016," ujar Amijaya.

La Ode Amijaya menambahkan, stok beras yang tesedia di gudang Bulog Sultra, sebagian besar merupakan beras lokal dari provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel), selebihnya beras dari Negara Vietnam, sedangkan stok beras lokal Mekongga dan Konawe juga telah habis disalurkan.

Tahun ini, Bulog Sultra juga telah mengusulkan pengadaan beras impor dari negara Vietnam minimal 15 ribu ton, dari target maksimal 25 ribu ton beras.

"Memang Bulog mengutamakan pengadaan beras itu merupakan beras produk dalam negeri yang dihasilkan petani di sejumlah sentra, namun demikian untuk mengantisipasi terjadinya kekuragan maka Bulog tetap akan mengadakan beras impor," ujaranya.

Ia menambahkan, pasokan beras lokal khusus mitra Bulog di Sultra tersebar di beberapa sentra pertanian seperti di Kabupaten Konawe, Bombana, Konawe Selatan serta Kolaka dan Kolaka Timur. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: