Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Libur Panjang, Hotel di Kawasan Puncak Kebanjiran Pengunjung

Warta Ekonomi -

WE Online, Cianjur - Puluhan hotel berbintang di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jabar, terisi penuh sampai akhir pekan kali ini, bahkan sejumlah hotel terpaksa menolak pengunjung yang datang karena ratusan kamar yang mereka miliki telah terisi penuh.

Terisi penuhnya sejumlah hotel berbintang di kawasan tersebut, membuat hotel kelas melati dan vila menjadi pilihan pendatang yang sebagian besar berasal dari Jabodetabek. Mebludaknya pengunjung yang hendak menghabiskan libur panjang di kawasan berhawa pengunungan itu, menyebabkan kemacetan panjang disejumlah jalan utama dan alternativ di kawasan itu.

Humas Palace Hotel di Kecamatan Cipanas, M Chusnul saat dihubungi, Jumat (6/5/2016), mengatakan, meningkatnya angka kujungan sudah terlihat sejak Kamis sore, dimana tingkat hunian mencapai 90 persen. Dimana pengunjung didominasi wisatawan lokal asal Jabodetabek dan sebagian kecil wisatawan asing asal Timur Tengah.

"Bahkan sejak Rabu malam puluhan kamar sudah mulai terisi dan sampai hari ini, tidak ada satupun kamar yang tersisa, kami mengarahkan tamu yang datang untuk mencari hotel lain atau rekomendasi vila sewaan yang banyak terdapat di wilayah ini," katanya.

Hal senada terucap dari Agustina staf hotel kelas melati di wilayah Puncak yang memiliki ratusan kamar berbagai tipe. Dia menuturkan, sejak Kamis malam puluhan kamar yang ada mulai terisi tamu yang tidak mendapatkan kamar di sejumlah hotel berbintang dikawasan tersebut, bahkan pihaknya memperkirakan hingga Sabtu malam tingkat hunian akan mencapai 100 persen.

"Untuk hari ini, tingkat hunian sudah mencapai 80 persen, kami perkirakan kamar yang kosong akan terisi penuh hingga Sabtu malam. Libur panjang kali ini, peningkatan hunian mencapai 100 persen dibandingkan libur panjang sebelumnya," kata staf berkerudung itu.

Sementara pemilik dan pengelola vila sewaan di Kecamatan Pacet dan Cipanas, mengungkapkan hal yang sama, ketika kamar hotel terisi penuh menjadi berkah bagi mereka karena sebagian besar tamu yang datang bersama keluarga lebih memilih vila untuk tinggal menghabiskan libur panjang kali ini.

"Dari belasan vila sewaan yang kami kelola, hampir seluruhnya terisi, bahkan kami terpaksa mengarahkan tamu yang hendak menyewa ke vila perorangan yang ada di lingkungan perumahan ini. Untuk libur kali ini, peningkatnnya hampir 100 persen," kata Ajat pengelola vila di perumahan elite di Kecamatan Cipanas.

Dia menambahkan, seiring tingginya angka kunjungan membuat pihaknya menaikan harga sewa setiap tipe vila yang disewakan untuk permalam, seperti vila dengan fasilitas lengkap biasa disewakan Rp1 juta permalam naik menjadi Rp1,5 juta permalam, sedangkan vila dengan fasilitas sedang disewakan Rp1 juta permalam.

"Kalau vila tanpa fasilitas hanya kamar kami sewakan Rp500 ribu permalam. Belasan vila yang kami miliki teris penuh sampai hari Minggu. Baru libur kali ini, tingkat hunian sampai full," katanya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: