Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Malaysia Berminat Bangun PLTU di Nunukan

Warta Ekonomi -

WE Online, Nunukan-Pemerintah Malaysia berminat membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dengan kapasitas sekitar 400 megawatt (mw). 

Menurut Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie melalui siaran persnya, Jumat, pembangunan pembangkit tersebut merupakan usulan Pemerintah Malaysia melalui negara bagian Negeri Sabah yang berbatasan langsung dengan Pulau Sebatik (Indonesia).

"Kita menyambut baik usulan pemerintah negara tetangga Malaysia yang berminat membangun PLTU di Pulau Sebatik Kabupaten Nunukan dengan kapasitas yang lumayan besar," ujar dia.

Pemprov Kaltara bersedia memfasilitasi dengan memberikan izin sesuai dengan kewenangan karena peluangnya sangat besar dengan kerja sama yang saling menguntungkan kedua negara.

Irianto Lambrie menyatakan, kerja sama tersebut dapat dilakukan dengan cara konsorsium yang melibatkan perusahaan lokal karena biayanya diperkirakan mencapai 1 juta dolar AS per satu mw.

Di samping itu, kata dia, tetap akan dikerjasamakan dengan PT PLN (Persero) dalam rangka pembangunan jaringan yang mengoneksi Tawau Negeri Sabah dengan Pulau Sebatik (Indonesia).

Pemprov Kaltara memilih Pulau Sebatik sebagai lokasi pembangunan PLTU karena Malaysia telah membangun transmisi dari Tawau menuju Pulau Sebatik sehingga melanjutkan ke wilayah Indonesia di Kabupaten Nunukan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: