Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inilah Perusahaan-perusahaan Paling Jadi Idaman Tahun 2016

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Setiap perusahaan pasti ingin menjadi perusahaan idaman. Namun, tidak semudah membalik telapak tangan untuk menjadi perusahaan. Perlu berbagai upaya, komitmen, kerja keras, dan sinergi baik di internal maupun eksternal perusahaan. Perusahaan juga harus berinovasi dalam menentukan kebijakan yang diterapkan kepada karyawan sehingga tercipta keterikatan emosional antara karyawan dan perusahaan.

Warta Ekonomi akan memberikan apresiasi kepada perusahaan yang mampu menjaga citra sebagai perusahaan pilihan para pekerja, khususnya pembaca Warta Ekonomi. Pemberian apresiasi itu diwujudkan dengan menyelenggarakan Warta Ekonomi-Indonesia Most Admired Companies Award 2016.

Adapun, beberapa tokoh hadir dalam kegiatan ini seperti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil dan Wakil Ketua Komisi VII DPR Fadel Muhammad.

Metodologi

Warta Ekonomi Intelligence Unit menggunakan metode desk research dan quantitative research untuk mendapatkan data sekunder dan data primer. Desk research mengumpulkan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan kuartal III-2015 dan data lainnya yang menunjukkan kinerja perusahaan sepanjang 2015. Quantitative research dilakukan untuk mengumpulkan data primer dengan menggunakan metode survei telepon ke 5.000 responden yang merupakan karyawan/pegawai yang menempati posisi staf sampai dengan manajer di BUMN, perusahaan swasta nasional, dan perusahaan swasta asing yang ada di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Pada quantitative research, responden diminta menyebutkan nama perusahaan yang mereka kagumi dan menurut mereka pantas untuk menyandang predikat perusahaan yang dikagumi dan menjadi tempat yang diidam-idamkan sebagai tempat bekerja. Selain itu, responden juga diminta untuk memberikan penilaian terhadap perusahaan yang dipilih. Kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut.

Corporate Image: responden menilai imej perusahaan dalam hal popularitas, nama baik, dan kepercayaan publik;

Financial Image: responden menilai imej perusahaan dalam hal profitabilitas, investasi yang dilakukan, dan prospek keuangan di masa depan;

HR Image: responden menilai imej perusahaan dalam hal jenjang karir, standar gaji, dan pengelolaan sumber daya manusia;

Product/Service Image: responden menilai imej perusahaan dalam hal produk/jasa yang diberikan dan kepedulian terhadap lingkungan;

Global Competitiveness Image: responden menilai imej perusahaan dalam hal kemampuan untuk bersaing di era pasar global, dengan menilai imej perusahaan dalam hal inovasi yang dilakukan, seberapa berkembangnya pangsa pasar lokal maupun internasional, dan imej perusahaan sebagai perusahaan yang memiliki proses bisnis yang mutakhir (technology readiness).

Riset ini menghasilkan nama-nama perusahaan dengan awareness tertinggi dan image terbaik berdasarkan persepsi responden sebagai perusahaan yang diidam-idamkan. Inilah peraih Warta Ekonomi-Indonesia Most Admired Companies Award 2016.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Pandu Sugiarto Herlambang
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: