Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AIIB Danai Dua Proyek Terkait Jalur Sutra

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB) telah memilih dua proyek untuk didanai sebagai langkah pertama dalam investasi infrastruktur. Kedua proyek tersebut terkait dengan rencana baru Presiden China Xi Jinping yang dijuluki Jalan Sutra.

Dalam upayanya untuk membantu tersebut telah menangkis kritik bahwa AIIB memiliki agenda poltik, sebab Asian Development Bank dan Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan turut mendanai proyek tersebut, kata para analis.

"Mengaitkan diri dengan bank-bank pembangunan multilateral lainnya dapat membantu AIIB untuk membelokkan kecurigaan bahwa bank tersebut berfokus pada program Jalan Sutra China," kata Jacob Kirkegaard, seorang peneliti senior Peterson Institute of International Economics yang berbasis di Washington, seperti dikutip dari laman VOA di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Sejak kemunculannya, AIIB yang didukung oleh Beijing, telah digambarkan sebagai alternatif baru dan lebih baik untuk bank-bank pembangunan yang ada di China.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: