Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IFI dan ASC Jalin Kerja Sama Kembangkan Musik Klasik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Ananda Sukarlan Center (ASC) menandatangani perjanjian kerja sama dalam pengembangan dan pendidikan musik klasik pada 26 Mei 2016 di IFI Jakarta. Acara ini akan dihadiri Direktur IFI-Konselor Kerja Sama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia Marc Piton dan Direktur ASC Ananda Sukarlan.

Ananda Sukarlan mengatakan ASC dan IFI berkomitmen bekerja sama dan berkolaborasi dalam seni pertunjukan, khususnya seni musik klasik. Sebagai penyelenggara kompetisi piano bertaraf internasional sejak 2008, imbuhnya, Ananda Sukarlan Award telah melahirkan pianis muda Indonesia berbakat dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di dalam dan luar negeri.

"Sebagai bentuk komitmen IFI dalam mendukung perkembangan seni dan kebudayaan di Indonesia, mulai dari tahun 2014, pemenang utama Kompetisi ASA mendapat beasiswa summer course di Prancis. Hal ini sesuai dengan misi IFI dan ASC untuk mengembangkan kemampuan dan sumber daya di bidang seni dan budaya kedua belah pihak," katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Perlu diketahui, Ananda Sukarlan menyelenggarakan Kompetisi Piano Nasional Ananda Sukarlan Award (ASA) bagi dewasa dan anak-anak tiap tahunnya untuk menjaring bakat baru. Hal inilah yang mempertemukan ASC dan IFI. Kompetisi ASA pun digelar di Auditorium IFI.

Tahun 2016 ini pendaftaran peserta akan ditutup pada 25 Juni 2016 dan kompetisi akan digelar pada 27-31 Juli 2016 dengan juri dari Indonesia, Spanyol, Australia, dan Italia. Pemenang utama untuk kategori senior akan mendapat beasiswa dari IFI dan Kedutaan Besar Perancis untuk mengikuti summer course di Prancis pada tahun 2017.

Selain penyelenggaraan kompetisi piano, IFI dan ASC juga berkolaborasi dalam penyelenggaraan berbagai konser piano, salah satunya konser piano Debussy oleh maestro repertoar klasik legendaris dari Prancis Jean-Louis Haguenauer yang akan diadakan pada tanggal 5 Juni 2016 di Soehanna Hall, The Energy Building SCBD Jakarta.

Konser yang berlangsung dalam rangkaian festival seni budaya Prancis-Indonesia Printemps Français 2016 juga digelar di Bandung (28 Mei 2016), Surabaya (30 Mei 2016), dan Medan (1 Juni 2016).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: