Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bingung Cari Tukang Reparasi? Aplikasi Ini Layak Dicoba

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Jasa pencarian tukang reparasi kini merambah dunia digital. Nantinya bagi masyarakat yang membutuhkan jasa reparasi bisa mengunjungi aplikasi FindTukang.

Aplikasi ini menawarkan sejumlah jasa, meliputi: perbaikan AC, servis elektronik, perbaikan komputer, dan perbaikan ledeng. Selain itu, jasa potong rambut serta cuci mobil, juga terdapat pada layanan FindTukang.

Nope Lavanda, CEO FindTukang, mengatakan kehadiran aplikasi berbasis ponsel Android ini guna memudahkan masyarakat mencari tenaga ahli atau tukang yang profesional di bidangnya. Sebab, kata dia, berdasarkan pengalaman yang ada, masyarakat kerap kesulitan mencari para tenaga ahli ini.

"FindTukang hadir sebaga solusi untuk menjawab permasalahan sulitnya mencari tukang atau tenaga ahli yang bisa memperbaiki perangkat yang rusak di rumah. Ide ini juga muncul dari sejumlah pengalaman diri saya dan teman-teman di FindTukang," terangnya kepada Warta Ekonomi di Jakarta, Senin kemarin (23/5/2016).

Lebih lanjut Nope mengatakan selain dilatari faktor kesulitan, era digitalisasi yang  menjadi tren di masyarakat juga turut mendorong kemunculan aplikasi FindTukang. Disamping itu, kehadiran aplikasi ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mengentaskan masalah pengangguran.

"Selain memberikan mereka kesempatan, kami juga ingin memberikan kebanggaan dan meningkatkan rasa percaya diri para tukang seperti halnya tukang ojek sepeda motor. Kami juga ingin mengubah cara berpikir masyarakat yang mengartikan tukang sebagai kuli," papar Nope.

Adapun bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan FindTukang cukup mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Ketika sudah login, konsumen hanya perlu mengisi alamat dan memilih kategori jasa yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilihan tukang dalam radius 10 kilometer akan muncul beserta rating mereka.

Saat ini FindTukang memiliki 100 tukang yang tersebar di Tangerang Selatan dan sebagian Jakarta Selatan. Hingga akhir 2016, mereka berencana meningkatkan jumlah tukangnya hingga 500 yang tersebar di Tangerang Selatan, Depok dan Jakarta Selatan.

"Hingga akhir 2017 kami targetkan 5000 tukang yang tersebar di Jabodetabek. Kami tak hanya ingin populer di Indonesia, tapi juga go international," kata dia.

Terdapat dua jenis tarif pemanggilan dari aplikasi FindTukang. Untuk biaya pemanggilan servis AC, ledeng, komputer serta perangkat elektronik, dipatok Rp30.000,- sekali pemanggilan. Biaya tersebut hanyalah jasa pemanggilan tukang saja, belum termasuk biaya jasa dari si tukang tadi, serta biaya pembelian alat atau spare part yang dibutuhkan.

Lalu tarif kedua sebesar Rp45.000,- untuk sekali pemanggilan tukang cuci mobil, atau tukang potong rambut. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya jasa tukang. FindTukang mengambil 20 persen  atas tarif panggilan jasa ini.

Untuk sistem pembayaran sendiri, saat ini FindTukang masih mengandalkan pembayaran tunai, namun ke depannya mereka juga akan menggunakan jasa kartu kredit serta payment method lainnya yang antara lain dari Bank Mandiri, Telkomsel, dan lainnya.

Nope menjelaskan, nantinya tarif FindTukang tak hanya berdasarkan biaya pemanggilan tukang semata, tapi termasuk jasa serta penggantian spare part yang dilakukan tukang. Langkah ini bakal dilakukan usai pihaknya mendapat input tarif seluruh jasa dari tulkang secara manual.

"Kami akan menstandariasi tarif seluruh jasa secara end to end. Selain itu, di versi kedua aplikasi, kami juga akan menghadirkan layanan pengecatan rumah, renovasi rumah skala kecil, serta pemasangan atap rumah," tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait