Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dishubtrans DKI Masih Cari Solusi Pengganti '3in1'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta masih terus mencari-cari solusi pengganti kebijakan 3 in 1 yang baru dihapuskan seminggu lalu. 

"Sebenarnya sudah ada beberapa macam usulan, salah satunya yaitu dengan menerapkan sistem pelat nomor ganjil genap. Tapi masih kami kaji lagi," kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah di Jakarta, Selasa (24/5/2016). 

Meskipun demikian, Andri Yansyah mengaku masih belum dapat memastikan akan menerapkan kebijakan ganjil-genap tersebut karena dinilai belum tepat untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Jakarta. 

"Kami lebih memilih untuk menerapkan sistem jalan berbayar elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP). Namun, sambil menunggu penerapannya, kami masih mencari kebijakan pengganti 3 in 1," ujar Andri. 

Selain sistem pelat nomor ganjil genap, dia menuturkan solusi lain yang diusulkan untuk menggantikan kebijakan 3 in 1, yakni dengan menerapkan sistem satu arah (SSA). 

"Untuk SSA, kalau jadi diterapkan, bisa menarik. Misalnya, pada jam-jam tertentu, pagi hari contohnya, hanya diperbolehkan untuk arus lalu lintas dari arah selatan ke utara. Kemudian, diperbolehkan lagi pada sore hari. Ini menarik. Tapi, masih dalam pembahasan," tutur Andri. 

Sementara itu, untuk saat ini, ia mengaku tidak khawatir karena warga dianggap sudah mampu mencari solusi jalan altenatif untuk menghindari kemacetan setelah 3 in 1 dihapus. 

"Tidak kenapa-kenapa. Orang-orang pasti sudah bisa mencari solusi sendiri. Apa lagi sekarang ada aplikasi waze dan google map. Sehingga, penghapusan 3 in 1 tidak terlalu memengaruhi aktivitas sehari-hari warga," kata Andri. 

Dia menambahkan dengan dua teknologi penunjuk jalan tersebut, para pengemudi kendaraan dapat mengetahui jalan-jalan alternatif yang tidak terlalu padat arus lalu lintas kendaraannya.  (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: