Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Targetkan Kartu Tani Terbit Sebelum Ramadhan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah menargetkan Kartu Tani bisa diterbitkan sebelum bulan Ramadhan, yang bermula awal Juni.

Dalam rapat koordinasi pangan di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Selasa (24/5/2016), Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengatakan penerbitan Kartu Tani akan memudahkan pemerintah memantau pemenuhan kebutuhan pupuk dan bibit serta hasil panen petani. 

Kartu tersebut, menurut dia, juga memudahkan petani mendapatkan subsidi dan menjual hasil panen ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Urusan Logistik (Bulog).

Ia mengatakan subsidi pupuk dan bibit mempengaruhi perekonomian, karenanya pemerintah memerlukan data akurat mengenai kedua program subsidi itu dari pemerintah daerah, perbankan dan BUMN.

Kartu Tani diterbitkan oleh tiga bank BUMN yaitu BRI, Mandiri dan BNI. Pada tahap pertama Kartu Tani akan diberikan kepada petani tebu dan selanjutnya akan diperluas ke petani komoditas lain seperti bawang, jagung dan padi.

"Petani sektor lain seperti padi lebih kompleks, jadi pemerintah mencoba dahulu untuk petani tebu," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: