Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diduga Terlibat Skandal Emisi, Saham Fiat Anjlok

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Saham Fiat Chrysler telah jatuh tajam di bursa saham Milan setelah media melaporkan bahwa produsen otomotif Italia tersebut berpotensi menghadapi larangan penjualan di Jerman atas tuduhan melakukan pelanggaran dalam uji emisi. Saham Fiat turun sebanyak 5 persen pada awal perdagangan.

Mengutip Reuters di Jakarta, Selasa (24/5/2016), sebuah surat kabar di Jerman menuliskan bahwa beberapa tes yang dilakukan oleh otoritas transportasi Jerman menemukan bukti pelanggaran pengolahan sistem gas buang di beberapa model Fiat.

Surat kabar tersebut juga menulis pernyataan dari seorang sumber di otoritas transportasi Jerman bahwa Fiat dilarang memasarkan produknya di negara tersebut jika terbukti melanggar. Seorang juru bicara perusahaan menegaskan bahwa uji emisi yang dilakukan selama ini telah sesuai dengan ketentuan yang diterapkan.

Seorang analis meragukan kabar bahwa Fiat dilarang memasarkan produknya di Jerman, mengingat Volkswagen yang juga terlibat skandal emisi masih diperbolehkan memasarkan produknya.

Fiat Chrysler dinilai tidak kooperatif setelah memutuskan untuk tidak menghadiri pertemuan terkait emisi kendaraan diesel yang digelar oleh Menteri Transportasi Jerman pekan lalu.

Menteri Transportasi Alexander Dobrindt mengatakan bahwa Fiat telah berlaku tidak kooperatif dan benar-benar tidak bisa dimengerti. Namun Menteri Transportasi Italia Graziano Delrio mengatakan bahwa pemerintah Jerman seharusnya menghubungi regulator di Italia, bukan perusahaan Fiat secara langsung.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: