Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Argentina dan Brasil Sepakat Tengahi Krisis Ekonomi Venezuela

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Penjabat Menteri Luar Negeri Brasil, Jose Serra, menemui Presiden Argentina Mauricio Macri. Itu adalah lawatan pertama Serra ke luar negeri sejak menjabat sebagai menteri luar negeri setelah Presiden Dilma Rousseff dinon-aktifkan dari jabatannya.

Dalam kunjungannya tersebut, Serra mengatakan bahwa Brasil dan Argentina sepakat untuk membantu mencari pemecahan bagi krisis politik dan ekonomi yang menimpa Venezuela.

Venezuela sedang dilanda krisis ekonomi parah dengan inflasi tertinggi di dunia mencapai 700 persen dan serba kekurangan. Jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar rakyat menghendaki Presiden Nicolas Maduro mundur dari jabatan.

Hubungan ekonomi antara kedua negara yang ekonominya terbesar di Amerika Selatan tersebut belakangan ini terpukul akibat resesi terburuk yang menerpa Brasil dalam beberapa dasawarsa.

Mengutip VOA di Jakarta, Rabu (25/5/2016), kedua negara tersebut pada hari Senin sepakat untuk mencari mekanisme yang dapat menolong tercapainya perjanjian dagang yang independen. Selama ini mekanisme perdagangan internasional harus melaui kelompok perdagangan MERCOSUR.

Sebagai informasi, MERCOSUR (Pasar Umum Selatan) adalah kelompok ekonomi keempat terbesar di dunia yang diciptakan oleh Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay pada Maret 1991 dengan penandatanganan Perjanjian Asuncion.

Brasil adalah ekonomi terbesar dengan 79 persen dari PDB Mercosur, diikuti oleh Argentina sebesar 18 persen, kemudian dua persen untuk Uruguay dan Paraguay sebesar satu persen.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: