Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Adopsi Cloud Tumbuh Hingga 36%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Tren digitalisasi pada bidang ekonomi telah ikut mendorong peningkatan adopsi cloud di Tanah Air. Berdasarkan data IDC, adopsi cloud di Indonesia dipekirakan tumbuh dengan kisaran 22%-36%. Adapun total jumlah pengeluaran untuk solusi cloud pada tahun 2015 berjumlah $ 230 juta dolar, sementara itu pekiraan pengeluaran untuk cloud pada tahun 2016 senilai $ 307 juta , dan untuk tahun 2017 bekisar $ 378 juta.

Menurut Erwin Yusran dari Dell Indonesia hingga saat ini adopsi private cloud masih mendominasi penggunaan jasa cloud, dan itu dipengaruhi adanya sejumlah barier dalam pemakaian cloud di Tanah Air.

"Kalau pemerintah atau banking masih di private cloud soalnya dipengaruhi kedaulatan informasi serta aturan data center. Namun di small medium business (smb) lebih banyak di public cloud, dan memang mendominasi sektor ini. Tapi kedepanya secara natural berpotensi akan di dominasi public cloud," terangnya kepada Warta Ekonomi, di Kantor Dell Indonesia, Kamis (24/6/2016).

Erwin yang kini menjabat sebagai Country Business Manager Enterprise Solution Group di Indonesia tersebut menambahkan, pelaku usaha melirik cloud dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kesederhanaan operasional yang berujung efesiensi dan unsur security.

"Adopsi cloud tentunya memberikan manfaat misalnya unsur flexibelity, agility, mobility dan tentunya juga faktor efisiensi dan pengurangan biaya," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Febri Kurnia
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: