Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia Jadi Penentu Asia Tenggara

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal menyebut Indonesia akan menjadi penentu dalam masa depan Asia Tenggara yang akan didekati oleh negara-negara besar untuk memperkuat eksistensinya.

"Kalau kita (Amerika) mau kuat di Asia Tenggara, kita harus bisa merangkul dan merayu Indonesia. Pemikiran mereka (Amerika) begitu," kata Dino di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Dino menuturkan Amerika sudah seharusnya memberikan perhatian kepada Asia yang disebutnya sebagai benua yang akan menjadi masa depan dunia jika tidak mau kalah dalam bersaing dengan China. Dia mengatakan hubungan internasional antara Amerika dengan China, Jepang, dan Korea tidak akan berubah ke depannya, melainkan mempererat peran strategis di Asia Tenggara.

"Paling besar peran strategisnya adalah Asia Tenggara, dan harus bisa merangkul Indonesia. Dengan kata lain kebijakan rebalancing Amerika itu meningkatkan nilai-nilai strategis Indonesia," jelas Dino.

Mantan juru bicara presiden era Susilo Bambang Yudhoyono tersebut juga mengatakan kebijakan yang akan diambil Amerika Serikat dan berkaitan dengan Indonesia akan dipengaruhi oleh presiden baru Negeri Paman Sam tersebut yang akan ditentukan pada akhir 2016.

Menurut dia, hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat saat ini berjalan sangat baik. Terlebih Presiden Joko Widodo telah melakukan lawatan ke AS dengan menghasilkan sejumlah kesepakatan di bidang investasi.

Dino yang merupakan mantan wakil menteri luar negeri Indonesia tersebut mengungkapkan Amerika Serikat sangat memberikan keleluasaan kepada Indonesia saat dirinya menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk AS. Dia menceritakan dirinya mudah sekali untuk mendapatkan apapun yang diinginkan saat menjabat sebagai dubes.

Dino menjelaskan Indonesia juga bebas menolak berbagai kebijakan AS seperti menolak invasi AS ke Irak dan Negara Paman Sam tersebut akan baik-baik saja."Kalau kita nolak kebijakan Amerika ngga dimarahin, kita nolak invasi Irak ini itu Amerika bilang fine, as long as jangan menentang kita. Mereka bilang begitu," kata Dino. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: