Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspor Bahan Bangunan RI Capai USD2,3 Miliar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi produsen produk bahan bangunan di dunia. Plt Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti menegaskan Indonesia harus bisa berperan besar di dunia untuk sektor produk tersebut.

"Strategi branding dan penguatan pasar ekspor menjadi perhatian Kemendag. Salah satunya melalui pameran bahan bangunan," kata Tjahya dalam acara pameranĀ  Indobuildtech 2016 di Indonesia Convention Exhibition, BSD City Tangerang, kemarin.

Menurutnya, dengan adanya kegiatanĀ  pameranĀ  akan membuka peluang peningkatan ekspor produk bahan bangunan Indonesia ke dunia, tidak saja dari sisi volume, tetapi juga dari segi kualitas produk yang diekspor.

"Produk bahan bangunan Indonesia harus mampu bersaing tidak hanya dengan produsen di ASEAN saja, tetapi produsen bahan bangunan di seluruh dunia," tegas Tjahya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang lima tahun terakhir (2011-2015), tren ekspor bahan bangunan Indonesia ke seluruh dunia meningkat 5,5%. Nilai ekspor produk bahan bangunan Indonesia ke dunia pada tahun lalu mencapai USD 2,3 miliar. Tren positif ini terus berlanjut.

Pada Januari-Februari 2016, nilai ekspor produk bahan bangunan Indonesia tercatat sebesar USD 341 juta atau mengalami kenaikan USD 77 juta dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Tjahya optimis industri produk bahan bangunan Indonesia akan mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan dari tahun ke tahun.

"Produksi bahan bangunan juga terus meningkat dengan variasi produk yang semakin dinamis seiring semakin banyaknya permintaan peningkatan infrastruktur negara sesuai yang diprogramkan Presiden Jokowi. Selain itu, semakin menjamur pula program tempat tinggal dengan harga terjangkau, baik di dalam maupun di luar negeri," tambahnya.

Sementara itu, pameran material dan teknologi bangunan, Indobuildtech 2016 kembali digelar di Indonesia Convention Exhibition, BSD City Tangerang. Pameran berlangsung dari 25-29 Mei 2016.

Indobuildtech 2016 menampilkan paviliun Indonesia seluas 90 m2 dengan mengusung tema Trade With Remarkable Indonesia. Pada Paviliun Indonesia, beberapa produk bahan bangunan akan dipamerkan, seperti pagar, teralis, partisi, stone decoration, lampu, produk stainless steel, pembersih rumah, wood construction material, decorative glass, plywood, roofing, serta material toilet hias.

Produk-produk tersebut merupakan produksi dari sepuluh perusahaan, yaitu PT Dunia Bumindo Utama, PT Duta Laserindo Metal, CV Promosi Dagang Asia, PT Sinar Angkasa Rungkut (Chiyoda), PT Timur Mas Abadi, PT Starpeak Equity, PT Roxy Prima Indoproducts, PT Putera Agung Cemerlang, PT Indomop Multi Makmur, dan PT Ubin Kayu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: