Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKPM Promosi ke Investor Kanada

Warta Ekonomi -

WE Online, Kanada - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani kembali menggelar kegiatan promosi investask di hadapan 100 calon investor dalam "Indonesia Business Forum: Opportunities in The Making" di Montreal, Kanada.

Menurut Franky, dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (26/5/2016), "roadshow" pemasaran investasi ke Amerika Serikat dan Kanada dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan diseminasi informasi mengenai reformasi layanan investasi.

"Sebelumnya pada hari Selasa (24/5), kami juga melakukan 'small group meeting' dengan delapan perusahaan di Toronto, Kanada terdiri dari perusahaan di bidang pertambangan dan energi serta jasa konsultasi," tuturnya.

Hadir memberikan sambutan dalam forum bisnis itu yakni Duta Besar RI untuk Kanada Teuku Faizasyah. Turut serta sebagai pembicara dalam forum di Montreal, Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Dirjen Penelitian Perdagangan dan Pengembangan Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti, Kadin Sumut Khairul Mahali serta perwakilan Kementerian Luar Negeri Andriana Supandy.

Setelah acara forum bisnis, dilakukan "one-on-one meeting" dengan sejumlah perusahaan besar asal Kanada yang di antaranya berasal dari sektor energi, telekomunikasi dan IT yang berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

Menurut Franky, kunjungan yang dilakukan ke Kanada cukup strategis untuk memetakan minat investasi negara tersebut ke Indonesia.

Dia menyinggung mengenai pertemuan dengan perusahan 10 anggota QG100 yang merupakan organisasi nirlaba swasta.

"Organisasi ini terbatas kepada 100 perusahaan-perusahaan besar di dunia. QG100 berkantor di Quebec dan anggota-anggotanya termasuk pimpinan dari perusahaan-perusahaan terkemuka Kanada," jelasnya.

Franky menyampaikan bahwa beberapa perusahaan Kanada tertarik menanamkan modal melalui skema "public private partnership" atau kemitraan pemerintah-swasta.

"Beberapa hal utama yang telah disampaikan adalah terkait penyederhanaan layanan yang dilakukan oleh BKPM di antaranya adalah terkait PTSP, layanan investasi 3 jam, serta kemudahan investasi langsung konstruksi (KLIK). Selanjutnya, tim pemasaran investasi wilayah Amerika dan Kanada akan melakukan komunikasi dengan perusahaan untuk merealisasikan investasi mereka," paparnya.

Dari data BKPM, realisasi investasi dari Kanada pada per triwulan pertama 2016 mencapai 37,6 juta dolar AS berada di peringkat 16 terdiri dari 15 proyek dan menyerap 332 tenaga kerja.

Untuk meningkatkan realisasi investasi tersebut, lembaga itu melakukan "roadshow" pemasaran investasi ke Amerika Serikat dan Kanada pada 23-28 Mei 2016. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: