Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rizal Ramli: Sail Karimata Percepat Pembangunan Daerah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengatakan kegiatan pariwisata, seperti Sail Selat Karimata 2016 yang akan digelar Oktober mendatang, harus bisa mempercepat pembangunan daerah sekitar.

"Esensi kegiatan ini, yang penting menurut kami adalah kami lakukan upaya terkoordinasi untuk mempercepat pembangunan wilayah sekitar," kata Rizal dalam rapat koordinasi Sail Selat Karimata dengan kepala daerah penyelenggara dan Menteri Perindustrian Saleh Husin di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, kamis (26/5/2016).

Menurut dia, rangkaian kegiatan pariwisata diharapkan bukan sekedar penyelenggaraan acara semata, tetapi harus menghasilkan sejumlah perbaikan.

Contohnya adalah penyelenggaraan Tour de Flores 2016 pekan lalu yang melewati lintasan di delapan kabupaten sepanjang 661 kilometer.

"Jalannya harus mulus, rapi, Bupatinya senang, warga juga senang. Jadi, manfaatnya buat rakyat Flores, itu jelas. Belum lagi Flores dapat pemberitaan besar dari acara TdF," katanya.

Rizal berharap kegiatan Sail Selat Karimata 2016 yang digelar Oktober mendatang dapat berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur dasar, pengadaan asir bersih dan pelabuhan terapung di wilayah sekitar lokasi kegiatan.

"Mudah-mudahan ini jadi awal kebangkitan. Akan dibangun juga pelabuhan terapung buatan Cimahi (Jawa Barat) agar lebih banyak lagi 'yacht' yang datang. Setelah izinnya dipermudah, ada ribuan 'yacht' yang rencananya mau datang ke sini," katanya.

Sail Selat Karimata 2016 memasuki tahun ke delapan sejak digelar 2009 lalu. Rangkaian acara Sail Selat Karimata digelar di empat provinsi yakni Kalimantan Barat, Jambi, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau dengan empat kegiatan utama.

Pertama, seminar nasional tentang kemaritiman di Jambi pada 25 Agustus 2016. Kedua, puncak acara di Kabupaten Kayong Utara, Kalbar pada 15 Oktober. Ketiga, Festival Belitung pada 22 Oktober 2016 dan keempat Festival Bahari Kepri pada 28 Oktober 2016 Kemenko Kemaritiman menjadi Ketua Panitia Pengarah Sail Karimata 2016, sementara Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menjadi Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: