Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Kembali Luncurkan Program Galeri Investasi Mobile

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali meluncurkan program pilot project Galeri Investasi Mobile yang melibatkan beberapa perusahaan sekuritas yang menjadi pioneer dan beberapa universitas.

Galeri Investasi Mobile merupakan sebuah sarana yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai pasar modal sehingga dapat meningkatkan pemahaman baik secara teori maupun memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan simulasi transaksi secara langsung dan real time.

PT BEI bekerja sama dengan Perguruan Tinggi dan Perusahaan Sekuritas telah menempatkan Galeri Investasi di berbagai kampus Perguruan Tinggi. Hingga awal bulan Mei 2016, telah beroperasi ± 180 Galeri Investasi di perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana 4 (empat) diantaranya merupakan Galeri Investasi Syariah.

Dalam perkembangannya aktivitas yang diselenggarakan di Galeri Investasi tersebut hanya difokuskan untuk kalangan mahasiswa saja, sementara masyarakat yang juga merupakan investor potensial yang perlu mengetahui dan memahami produk dan layanan di sektor pasar modal belum terlayani secara optimal.

Oleh karena itu, guna meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di pasar modal, OJK berinisiatif mendorong perusahaan sekuritas dan PT BEI untuk merevitalisasi fungsi Galeri Investasi yang telah ada agar lebih proaktif dan dapat menjangkau masyarakat disekitar kampus, melalui program yang disebut Galeri Investasi Mobile.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono mengharapkan dengan aktifnya Galeri Investasi Mobile melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar Kampus.

"Dengan begitu, pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai produk dan layanan di sektor pasar modal dapat lebih meningkat, dan yang lebih penting lagi adalah menjadikan berinvestasi di pasar modal semakin mudah bagi masyarakat," ujar Kusumaningtuti di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

OJK dan PT BEI meluncurkan pilot project Galeri Investasi Mobile ini di Jakarta, yang pertama dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2016 di Kantor Kecamatan Jagakarsa, bekerjasama dengan Universitas Pancasila dan PT Sucorinvest Central Gani sebagai pengelola Galeri Investasi di Universitas Pancasila.

Kegiatan ini mengundang masyarakat di sekitar Kecamatan Jagakarsa yang terdiri dari perangkat kelurahan, guru SMA dan SMK, serta pengurus Koperasi yang berada di wilayah Kecamatan sebanyak ± 200 peserta.

Peluncuran pilot project Galeri Investasi Mobile yang kedua dilaksanakan pada hari ini, bekerjasama dengan Universitas Bunda Mulia Jakarta dan PT MNC Securities. Peluncuran kedua tersebut akan menghadirkan peserta Pimpinan dan karyawan PT Pembangunan Jaya Ancol sebanyak ± 50 peserta.

"Selanjutnya, pilot project Galeri Investasi dengan model mobile tersebut akan dikembangkan pada Galeri Investasi lainnya yang saat ini telah ada di beberapa Perguruan Tinggi," cetus Tituk, sapaan akrab Kusumaningtuti.

Adapun materi-materi yang akan diberikan dalam pilot project antara lain pengenalan terhadap berbagai produk pasar modal, tips berinvestasi di pasar modal, dan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada atas penawaran investasi ilegal/tanpa izin.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: