Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTPN Bidik Nasabah Petani Kopi Lampung

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandarlampung - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) membidik nasabah program Laku Pandai dari kalangan petani kopi di Tanggamus, Provinsi Lampung.

"Saat ini kami membidik sekitar 20.000 petani kopi asal Kabupaten Tanggamus untuk masuk menjadi nasabah program Laku Pandai bekerja sama dengan PT Nestle," kata Sales Managemen Head BTPN Wow! Mohammad Reza Rizal, pada diskusi bertema Laku Pandai Akses Keuangan untuk Semua, di Bandarlampung, Kamis (26/5/2016).

Ia mengatakan PT Nestle Indonesia mempunyai petani kopi binaan di kabupaten tersebut yang mencapai sekitar 20.000 orang dan diharapkan mereka dapat menjadi nasabah program Laku Pandai.

Saat ini, lanjutnya, nasabah program Laku Pandai PT BTPN Tbk sekitar 450 ribu orang se- Indonesia dan diharapkan bertambah pada tahun mendatang, terutama dari kalangan petani dan nelayan termasuk usaha mikro.

Selain itu, menurut dia, agen program Laku Pandai di Provinsi Lampung saat ini mencapai sekitar 20 orang dan kemungkinan akan terus bertambah.

Reza menjelaskan pihaknya mendorong perluasan akses keuangan melalui program Laku Pandai, yang merupakan program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan pada akhir Maret 2015 lalu.

Laku Pandai, lanjutnya, merupakan sebuah terobosan dari OJK bagi infustri perbankan untuk menjangkau masyarakat di pelosok nusantara.

Menurutnya, dalam Laku Pandai bank akan menunjukkan agen di berbagai daerah. Agen dapat berbentuk warung maupun penjual pulsa sehingga jangkauannya lebih menyebar luas ke berbagai daerah terpencil.

Reza menjelaskan dalam menjawab inovasi Laku Pandai, BTPN menggagas BTPN Wow!, layanan perbankan bagi "mass market" yang memanfaatkan teknologi telepon genggam dan didukung jasa agen sebagai perpanjangan tangan BTPN meningkatkan jangkauan layanan kepada nasabah di seluruh pelosok Indonesia.

Ia menjelaskan BTPN Wow! lahir dari proses panjang, diawali dengan menjadi bagian dalam uji coba "branchlees banking" yang digagas oleh Bank Indonesia pada 2013, hal ini merupakan langkah yang sangat penting karena proses tersebut BTPN melihat secara langsung tingginya kebutuhan dan antusiasme masyarakat untuk menabung di bank.

"Laku Pandai merupakan konsep revolusioner yang akan mengubah serta prilaku masyarakat Indonesia dalam berbank. Merupakan suatu kebanggaan bagi BTPN untuk dapat dipercaya menjadi salah satu pioner dalam inisiatif ini," katanya.

Sales Managemen Head BTPN Wow! menjelaskan, fokus BTPN dalam menggarap pasar masyarakat berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM. "Kami yakin menjadi salah satu keunggulan BTPN dalam implementasi Laku Pandai," tambahnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: