Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Dorong Pengekspor Tingkatkan Kualitas Gula Aren

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong pengekspor di daerah tersebut agar lebih meningkatkan kualitas gula aren sehingga semakin diminati buyers atau pembeli.

"Gula aren asal Sulut mulai dibeli oleh buyers dari Malaysia sehingga perlu ditingkatkan lagi agar semakin diminati," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut T Hasudungan Siregar di Manado, Jumat (27/5/2016).

Hasudungan mengatakan jika kualitas terus ditingkatkan maka permintaan akan semakin tinggi bukan saja dari Malaysia.

Setidaknya, katanya, produk gula aren Sulut bisa merambah pasar ASEAN, apalagi menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang sementara dihadapi.

Pada akhir bulan Maret 2016, Sulut telah mengekspor gula aren produk turunan kelapa ke Malaysia sebanyak 7.600 kg dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 16.971 dolar AS.

Dia mengatakan gula aren merupakan produk baru di tahun 2016 yang diekspor ke luar negeri.

Ternyata, katanya, produk turunan kelapa asal Sulut sangat diminati negara luar seperti Malaysia, namun belum dikelola dengan baik oleh pengekspor.

"Saya mengharapkan permintaan gula aren dari Malaysia ini mampu mendorong pengekspor Sulut untuk menciptakan produk baru yang siap ekspor," jelasnya.

Dia mengatakan jika produk turunan kelapa semakin banyak maka, produk unggulan akan semakin beragam dan pasar pastinya akan bertambah.

Pemerintah, katanya, akan terus mendorong dan memfasilitasi juga sebagai stimulus, namun selanjutnya harus ada inovasi yang tinggi dari petani dan pengekspor. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: