Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Umumkan Lelang 15 Blok Migas

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah mengumumkan lelang atas 15 blok atau wilayah kerja minyak dan gas bumi di Indonesia saat penutupan acara Konvensi dan Pameran ke-40 Indonesian Petroleum Association (IPA) di Jakarta, Jumat, demi meningkatkan produksi migas dalam negeri.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan 15 blok itu terdiri dari 14 blok konvensional dan 1 blok nonkonvensional.

"Ada delapan tender reguler dan tujuh penawaran langsung (direct proposal)," ujar Djoko saat mengumumkan hal itu di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Adapun wilayah kerja (WK) konvensional yang ditawarkan dengan reguler tender adalah South CPP (berlokasi di Provinsi Riau), Blok Oti (Selat Makassar), Blok Suremana I (Selat Makassar), Blok Manakara Mamuju (Selat Makassar), Blok Mandar Tenggara (Selat Makassar), Blok Arguni Utara (Papua barat), Blok Kasuri II (Papua Barat). Sementara tender reguler untuk WK nonkonvensional adalah Blok Batu Ampar (Kalimantan Timur).

Selanjutnya WK konvensional dengan penawaran langsung adalah Blok Bukit Barat (berlokasi di Laut Natuna, Kepulauan Riau), Batu Gajah Dua (Jambi), Kasongan Sampit (Kalimantan Selatan), Blok Ampuh (Jawa Timur), Blok Ebuny (Sulawesi Tenggara), Blok Onin (Papua Barat) dan Blok Kaimana Barat (Papua Barat).

Untuk tender dengan cara penawaran langsung ("direct proposal"), akses dokumen penawaran dibuka dari 15 Juni--5 Agustus 2016, forum klarifikasi dari tanggal 20 Juni-5 Agustus 2016 dan batas akhir penyerahan penawaran pada 8 Agustus 2016.

Sementara untuk tender reguler, akses dokumen penawaran dibuka dari 15 Juni--19 Oktober 2016, forum klarifikasi dari tanggal 20 Juni-19 Oktober 2016 dan batas akhir penyerahan penawaran pada 20 Oktober 2016. Menurut Djoko, prospek migas dari blok-blok ini "cukup lumayan".

"Saya belum bisa sebutkan jumlahnya. Blok dengan potensi yang paling besar itu ada di daerah Papua," tutur Djoko. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: