Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Minyak Dunia Tembus US$50 Per Barel

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Harga minyak menembus US$ 50 per barel untuk pertama kalinya pada tahun 2016. Gangguan pada pasokan dan meningkatnya permintaan global membuat harga bahan bakar ini terus membaik.

Mengutip BBC di Jakarta, Sabtu (28/5/2016) minyak mentah Brent yang menjadi patokan mencapai harga US$ 50,22 per barel pada hari Kamis, mencapai level tertinggi sejak awal November.

Peningkatan ini menyusul data AS yang menunjukan bahwa persediaan minyak menurun setelah gangguan pasokan akibat kebakaran di Kanada. Harga minyak mentah Brent kini naik 80 persen sejak terpukul ke dalam harga terendah dalam 13 tahun terakhir, di bawah US$ 28 per barel pada awal tahun ini.

Menurut data Departemen Energi AS, penyimpanan minyak mentah AS turun 4,2 juta barel menjadi 537,1 juta barel dalam sepekan. Kanada merupakan pemasok minyak terbesar ke AS. Sehingga kebakaran di sana telah memukul jumlah pasokan satu juta barel per hari.

Pembicaraan dalam beberapa bulan terakhir antara OPEC dan Rusia soal pembekuan produksi minyak juga membantu mengembalikan harga. Selain itu, gangguan jangka pendek juga meningkatkan harga, mengimbangi tingginya produksi minyak Iran dan Saudi.

Sama hal nya dengan yang terjadi di Kanada. Di wilayah lain, kembalinya harga minyak terjadi karena kelompok militan terus melarang pipa minyak di Nigeria. Permintaan minyak yang meningkat dari negara ekonomi utama, Cina, India dan Rusia juga terus meningkat.

Goldman Sachs sebelumnya sudah memperkirakan bahwa harga minyak akan kembali konsiten di 50 dolar per barel di pertengahan 2016. Pada akhir 2017, harganya bisa mencapai 60 dolar per barel.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: