Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Ramadhan BI Cirebon Siapkan Rp1,8 Triliun

Warta Ekonomi -

WE Online, Kuningan - Menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan uang sebesar Rp1,8 triliun, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat.

Kepala KPw BI Cirebon Abdul Majid Ikram, Minggu (29/5/2016), mengatakan kebutuhan uang tersebut masih sama dengan kebutuhan uang menjelang Ramdahan dan Lebaran pada dua tahun yang lalu.

"Kita menyediakan untuk kebutuhan uang pada Lebaran tahun ini sebesar Rp1,8 yriliun," kata Majid saat memberikan workshop kepada wartawan di Kuningan.

Pada tahun 2014 dan 2015 pihaknya juga menyediakan uag sebesar Rp1,8 Triliun dan tahun ini sama dengan tahun lalu.

Menurutnya kebutuhan uang bisa dipenuhi oleh BI Cirebon, karena saat ini pihaknya sudah memiliki kecukupan dana hingga Rp3,35 triliun.

Jumlah kebutuhan uang menjelang ramadhan dan lebaran, lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan pada bulan-bulan biasanya.

"Untuk bulan biasa kebutuhan uang hanya mencapai Rp400 miliar saja dan khusus untuk Ramadhan serta lebaran akan meningkat tajam," tuturnya.

Sementara itu Manajer Operasional Kas BI Cirebon, Sutono menambahkan untuk distribusi uang menjelang lebaran, pihaknya juga akan melakukan kas penukaran keliling.

Kegiatan tersebut dimulai pada minggu kedua bulan ramadhan, BI juga sudah bekerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk lebih memudahkan masyarakat menukarkan uangnya.

"Masyarakat nantinya bisa menukar melalui kas keliling atau BPR," kata Sutono. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: