Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom Kembangkan Transformasi ICT Dua BUMN

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengembangkan transformasi "information and communication technology" (ICT) pada dua BUMN yakni PT Garam (Persero) dan Perum Perhutani.

Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu (29/5/2016) mengatakan, Telkom bersinergi dengan PT Garam menyediakan "enterprise resources planning" (ERP) dan ICT solution, sementara dengan Perum Perhutani dikembangkan solusi layanan penjualan "online" kayu.

"Sinergi BUMN ini dilatarbelakangi oleh visi pemerintah mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong untuk menuju Indonesia produktif, efisien dan berdaya saing," katanya.

Penandatangan kerja sama antar-BUMN itu dilaksanakan di sela-sela "focus group discussion" (FGD) Kementerian BUMN di Parapat, Sumatera Utara, Sabtu.

Disaksikan Alex J Sinaga, penandatanganan kerja sama dilakukan antara Executive General Manager Divisi Enteprise Service Telkom Siti Choiriana, Direktur Keuangan PT Garam Benny Suhartono dan Direktur Utama Perum Perhutani Mustoha Iskandar.

Sementara itu, Direktur Enteprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan solusi layanan ICT untuk PT Garam meliputi modul ERP (Marketing & Sales, HR, Logistic, Production, Finance serta Dashboard dan Reporting) serta solusi ICT lainnya (Vmachine, jasa manageservice).

Sedangkan solusi layanan untuk Perum Perhutani meliputi layanan penjualan online kayu dengan modul penjualan ritel.

Selanjutnya penjualan melalui kontrak, serta penjualan melalui bidding/lelang, onsiteengineer, pengembangan dalam bidang SDM, hardware & software, contactcente serta digital advertising.

Tetapi tidak menutup kemungkinan perlunya penyediaan solusi ICT lainnya.

Awaluddin menambahkan, dengan sinergi BUMN ini dapat mengoptimalkan kinerja BUMN yang mengarah pada Business Continuity, Business Sustainability, dan Business Efficiency serta menjadi model bagi pengembangan sinergi BUMN lainnya.

"Semangat sinergi BUMN ini diharapkan mampu menjadikan PT Garam, Perum Perhutani dan Telkom Group bersama-sama menjadi Bigger (Sales & Market Size), Broader (Business Scope) dan Better (Service Quality), yang turut mendukung pemerintah membangun Indonesia," tegas Awaluddin. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: