Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI: Peningkatan Kinerja Nelayan Mampu Dorong Pertumbuhan

Warta Ekonomi -

WE Online, Manado - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) Peter Jacobs mengatakan peningkatan kinerja nelayan akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

"Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, sektor pendukung yang pantas disorot ialah perikanan, dengan adanya kebijakan relaksasi alih muat mampu meningkatkan kinerja nelayan," kata Peter di Manado, Senin (30/5/2016).

Menurutnya, kondisi tersebut terkonfirmasi dari optimisme perusahaan pengolahan ikan yang menyatakan bahwa produksi akan membaik pada tahun 2016.

"Permintaan dari luar negeri juga sedikit membaik sebagaimana perbaikan ekonomi dunia meskipun masih dalam besaran yang moderat," tuturnya.

Dia menambahkan sektor perdagangan juga akan meningkat dengan dukungan beberapa faktor seperti, tingkat penghasilan masyarakat yang meningkat, tingkati inflasi yang relatif rendah dan penyaluran kredit kendaraan bermotor yang meningkat.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Erwin Muksin menuturkan dukungan sektor industri pengolahan akibat meningkatnya sektor pertanian yang akan memberikan pasokan bahan baku.

"Peningkatan pertumbuhan sektor ini ditopang oleh perbaikan subsektor industri bahan makanan yang didominasi oleh pengolahan ikan," katanya.

Sulut selain produk pangan, katanya, juga yang besar di sektor perikanan dan kelautan yang dipandang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Apalagi, katanya, sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mendorong sektor perikanan agar bergerak lebih cepat karena potensi yang cukup besar. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: