Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wonderful Indonesia dipromosikan di London

Warta Ekonomi -

WE Online, London - Indonesia berhasil mempromosi Wonderful Indonesia dalam acara Indonesia Weekend yang digelar di ikon kota London, yang berlangsung di Taman Potters Fields, dengan berlatar belakang London Bridge dan Tower of London selama dua hari 28 dan 29 Mei.

Acara Indonesia Weekend melengkapi kegiatan promosi yang rutin diikuti Kementerian Pariwiwsata selama ini dalam acara World Travel Mart (WTM) London yang digelar pada awal bulan November, demikiian Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika, Nia Niscaya kepada Antara London, Minggu (30/5/2016).

Dikatakannya promosi yang dilakukan di WTM London merupakan promosi kepada whole sellers pariwisata sementara kegiatan yang digagas Bangga Indonesia Ltd dan Ditali Cipta Kreatif ini lebih menyasar ke turis end consumer jika dilihat dari segmen yang dibidik.

Menurut Nia Niscaya, seperti yang diharapan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan keikutsertaan Kementerian Pariwisata dalam acara Indonesia Weekend adalah dalam upaya meningkatkan brand awareness Wonderful Indonesia kepada masyarakat UK dan juga wisatawan yang datang ke Inggris karena lokasi penyelenggaraan berada di salah satu ikon di London

Nia mengatakan penyeleneggaraan Indonesia Weekend bertujuan untuk meningkatkan brand awareness maka porsi Kemenpar mengambil pada titik-titik strategis yang menampilkan branding tersebut di panggung pertunjukan yang sangat kuat dengan dekorasi branding ini dan tidak ada branding para sponsor. Selain itu adanya layar LED raksasa yang berisi pesan-pesan Wonderful Indonesian, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, ada permainan Indopoly (semacam permainan monopoly) dengan gambar-gambar destinasi pariwisata untuk memperkuat tagline explore further dari branding Wondeful Indonesia, karena kebanyakan orang masih mengenal Bali saja padahal banyak destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik dan terus ditingkatkan kualitas destinasinya oleh pemerintah.

Di tempat panel pameran foto-foto terpampang destinasi wisata yang dilengkapi dengan tulisan bebas visa pada setiap panel foto.

Nia Niscaya mengatakan umtuk melengkapi kegiatan peningkatan brand awareness ini, Kemenpar menyertakan agen perjalanan setempat yang khusus menjual paket ke Indonesia 

Keberadaan Garuda juga memperkaya informasi pengunjung di paviliun Kemenpar dengan mempromosikan tiket "Wonderful Indonesia Pass". 

Mengenai perkembangan wisatawan dari Inggris ke Indonesia pada tahun 2014 tercatat 230.315, sedangkan tahun 2015, sebanyak 270.000 dan target kunjungan tahun 2016 diharapkan akan mencapai 300.000.

Pada tahun 2016 periode Januari sampai dengan Maret dibandingkan periode yang sama tahun lalu menurut BPS tumbuh 28.54 persen dari 52.708 orang pada Januari- Maret 2015 menjadi tahun 67.750 Januari-Maret 2016.

Sementara itu Ansyelina Monika yang menetap lama di Inggris mengatakan acara Indonesian Weekend. sudah lama ditunggu-tunggu karena dari info yang dipublikasikan di sosial media terbayangkan acara yang diselenggarakan kali ini begitu luar biasa membanggakan.

Begitu memasuki area di mana-mana terlihat spanduk menandakan acara Indonesia Weekend ini. "Saya merasakan bukti nyata dalam diri saya begitu bangganya menjadi bangsa Indonesia di negara ini bisa merayakan dan menyaksikan atraksi meriah dari negeri sendiri indonesia tercinta," ujar Monika 

Pakaian batik dan perhiasan khas dari beberapa provinsi di Indonesia hingga stal yang mempromosikan budaya Indonesia yang luar biasa indahnya ada pada pameran ini. Selain itu juga disajikan pertunjukan musik, tari, dan makanan khas Indonesia. 

Belum lagi demo masak dari chef ternama yang dihadiri oleh beberapa turis dari mancanegara. "Saya tidak lepas untuk terus tersenyum bangga akan semua ini. Saya selalu bangga menjadi wargamu. Saya Cinta Indonesia," demikian Monika. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: