Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PKS Sayangkan Terobosan Impor Daging

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyayangkan kebijakan dan terobosan pemberian izin impor daging beku di tengah harga daging sapi para peternak dalam negeri masih belum stabil. 

Terobosan impor daging sapi ditempuh pemerintah mencegah kenaikan harga daging sapi saban Ramadhan dan Lebaran. 

"Ini kebijakan yang melukai peternak nasional. Tidak mungkin harga daging sapi impor bisa semurah itu, sangat tidak masuk akal," Ketua bidang Pekerja Petani dan Nelayan DPP PKS, Ledia Hanifa, di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menurut dia, kebijakan penurunan harga daging sapi sangat tidak memihak kepada peternak dalam negeri sehingga langkah impor itu tidak pas.

Berdasarkan survei PKS yang pimpinannya pernah tersandung kasus hukum berlatar impor daging sapi di 11 provinsi ditemukan harga daging sapi berada di kisaran Rp90.000 hingga Rp140.000 per kilogram.

Di tempat terpisah, pemerintah memperkuat koordinasi antar kementerian dan lembaga untuk mengatasi gejolak harga bahan pokok terutama daging, bawang merah, menjelang Ramadhan hingga Idul Fitri 1437 H.

Rapat koordinasi digelar antara Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan, Thomas P Lembong, Direktur Utama PT Berdikari (Persero), Suwhono, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin.

Usai rapat yang berlangsung sekitar satu jam itu, tiga pembantu Presiden Jokowi itu memberikan keterangan kepada wartawan terkait materi rapat.

Sulaiman, hanya mengatakan bahwa rapat koordinasi terkait produksi, rantai pasok dan harga.

Sebelumnya, Soemarno menunjuk Perum Bulog dan PT Berdikari untuk mengimpor daging sapi dan bawang merah guna mengendalikan harga kedua bahan kebutuhan pokok itu. Tender terbuka impor daging sapi tidak digelar.

"Kedua BUMN itu sudah kami tunjuk untuk mengendalikan harga berbagai kebutuhan khususnya bawang merah dan daging menyusul ada instruksi Presiden kepada BUMN untuk menurunkan harga berbagai barang menjelang Ramadhan dan Idul Fitri," ujar Soemarno.

Sebagaimana diwartakan, Presiden Joko Widodo meminta agar harga daging sapi di bawah Rp80.000/kg sebelum Lebaran tahun ini.

"Tiga minggu lalu saya perintahkan menteri-menteri, caranya saya tidak mau tahu, saya minta sebelum Lebaran harga daging harus di bawah Rp80.000," kata Presiden Jokowi, di Bantul, DIY, Senin (23/5).

Dia mencontohkan harga daging di Singapura atau Malaysia berkisar Rp50.000 hingga Rp55.000 perkg di tingkat ritel, padahal di Indonesia bisa sampai Rp120.000-Rp130.000 bahkan mencapai Rp150.000/kg menjelang Lebaran.  (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: