Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Puasa Harga Sembako Naik, Mendag Dinilai Tak Becus

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perdagangan Thomas Lembong dinilai tak becus mengatasi kenaikan harga bahan pokok jelang Bulan Suci Ramadhan. Diketahui di sejumlah daerah sudah terjadi kenaikan harga bahan pokok, terutama kenaikan harga daging sapi yang meroket.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto menilai Menteri Perdagangan Thomas Lembong layak diganti. Pasalnya, meroketnya kenaikan sejumlah barang dan bahan pokok jelang puasa karena Thomas dinilai tidak tangkas dalam mengelola kerja Kemendag dalam melihat kondisi pasar.

"Kalau Mendag tidak bisa mengendalikan harga, layak diganti. Urusan pengendalian harga kan mestinya hal dasar dan tidak terlalu sulit," kata Darmadi di Kompleks Parlemen, Senin (30/5/2016).

Selain itu, anggota Fraksi PDI Perjuangan tersebut menilai Kemendag juga lemah dalam soal pendataan stok dan hal itu yang menjadi penyebab harga bahan pokok melambung karena kebutuhan diatas ketersediaan. Selain itu Darmadi juga mengkritik lemahnya koordinasi antara Kemendag dan Kementerian Pertanian terkait data yang disodorkan terkait data ketersediaan bahan sembako.

"Kelemahan Mendag adalah tidak punya data yang akurat mengenai kebutuhan. Itu kelemahan Mendag. Akibatnya karena tidak punya data yang akurat terutama mengenai kebutuhan sehingga seringkali salah prediksi," tuturnya.

"Darmadi mengimbau jika kondisi demikian tidak mampu diatasi Mendag, sebaiknya Presiden Jokowi meninjau kembali bawahannya tersebut.

"Mendag belum punya pengalaman yang cukup," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: