Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Purwokerto Siapkan Uang Pecahan Rp3,5 Triliun

Warta Ekonomi -

WE ONline, Purwokerto - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Provinsi Jawa Tengah menyiapkan uang pecahan kecil sebanyak Rp3,5 triliun untuk mengantisipasi lonjakan permintaan penukaran uang pecahan dari masyarakat menjelang Lebaran 2016.

"Jumlah tersebut meningkat sekitar 13 persen dari menjelang lebaran tahun lalu sebesar Rp2,8 triliun. Kami juga menyiapkan cadangan sebesar Rp1,2 triliun jika permintaan penukaran uang pecahan kecil dari masyarakat itu melampaui jumlah yang diproyeksikan Rp3,5 triliun," kata Kepala KPw BI Purwokerto Ramdan Denny Prakoso, di Purwokerto Kabupaten Banyumas, Selasa (31/5/2016).

Ia mengatakan pihaknya telah bermitra dengan sembilan bank umum untuk menyelenggarakan penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat umum, yakni BRI, Bank Mandiri, BNI, BCA, Bank Jateng, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank Mega, dan Bank Muamalat.

Menurut dia, sembilan bank tersebut telah ditunjuk BI untuk melayani penukaran uang pecahan kecil, baik bagi nasabah maupun nonnasabah.

"Dengan adanya sembilan bank tersebut, kami berharap tidak terjadi penumpukan masyarakat yang hendak menukarkan uang pecahan kecil di KPw BI Purwokerto," katanya lagi.

Terkait layanan penukaran uang pecahan kecil untuk masyarakat umum di KPw BI Purwokerto, dia mengatakan, hal itu akan dibuka pada tanggal 20-30 Juni 2016 setiap hari Senin hingga Kamis.

Menurut dia, penukaran uang dilayani menggunakan sistem nomor antrean yang dapat diperoleh dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) mulai pukul 08.30 WIB hingga 11.30 WIB, dan setiap harinya disediakan 500 nomor antrean.

"Penukaran uang yang dilakukan setiap individu dibatasi maksimal sebesar Rp8 juta per hari," katanya.

Denny mengatakan pegawai institusi dan perusahaan juga dapat melakukan penukaran uang secara kolektif dengan mengirimkan surat resmi dari institusi atau perusahaan kepada KPw BI Purwokerto yang harus diterima selambat-lambatnya satu hari sebelum penukaran.

Kendati demikian, dia mengatakan, penukaran uang oleh institusi harus dalam kelipatan 100 lembar untuk setiap pecahan.

Menurut dia, pihaknya juga berencana menggelar penukaran uang pecahan kecil itu dengan menggunakan mobil kas keliling ke sejumlah pasar di Kota Purwokerto maupun wilayah kerja KPw BI Purwokerto lainnya meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: