Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ekspor Fortuner Naik 6%

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - All New Fortuner yang baru diproduksi sejak bulan Januari tahun ini di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang I memberikan kontribusi positif pada kinerja ekspor Toyota Indonesia. Per April ekspornya tembus 6.000 unit.

"Bulan lalu kami mengekspor sebanyak 6.000 unit Fortuner ke mancanegara. Hal ini menjadikan Fortuner sebagai model kendaraan yang paling banyak diekspor TMMIN pada bulan lalu," kata Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Secara keseluruhan, menurut Warih, volume ekspor kendaraan bermerek Toyota pada April sebanyak 16.900 unit. Angka ini naik 6% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu dengan volume berjumlah 15.900 unit.

Sementara ekspor Kijang Innova dan Vios memberikan kontribusi pada kinerja ekspor, masing-masing sebesar 2.000 dan 3.000 unit. Model lain yang diekspor seperti Yaris, Avanza, Agya, Rush dan Lite Ace/Town Lite mencapai sebesar 5.900 unit.

Filipina menjadi negara importir Fortuner terbesar pada tahun ini. Jumlahnya mencapai 74% volume ekspor Fortuner. Selebihnya dikirimkan ke negara-negara di kawasanTimur Tengah, Amerika Latin dan Karibia.

Untuk model Kijang Innova dan Vios, Arab Saudi merupakan negara importir terbesar dengan porsi masing-masing 84% dan 85% dari total volume ekspor kedua jenis kendaraan tersebut. Selain ke Arab Saudi, Kijang Innova juga dikirimkan ke negara-negara di Asia, Amerika Latin, dan Karibia. Sedangkan tujuan ekspor model Vios lainnya adalah negara-negara di Asia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: