Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BTN Optimis Bisa Kelola Dana Rp40 Triliun dari Gerakan Sejuta Wakaf

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) melaunching gerakan sejuta wakaf bagi warga Nahdlatul Ulama (NU). Sebagai bank yang mengelola wakaf keluarga besar NU, Bank BTN menyatakan kesiapannya untuk melayani wakif yang akan mewakafkan dananya melalui LWPBNU (lembaga wakaf pengurus besar nahdlatul ulama).

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan dengan  gerakan sejuta wakaf ini pihaknya optimis bisa mengelola dana sekitar Rp40 triliun.

"Ini merupakan terobosan yang kami lakukan bagaimana agar layanan Bank BTN itu dapat dimanfaatkan oleh seluruh umat. Dengan keunggulan produk berbasis iB yang dimiliki Bank BTN kami mempunyai harapan yang besar itu dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dan hari ini kami menyatakan siap melayani sejuta wakaf nahdliyn," katanya dalam keterangan resmi yang diterima, di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Acara launching gerakan sejuta wakaf yang dilakukan Bank BTN dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin  dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baidan serta Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siraj dan Ketua PWNU Jawa Timur KH Moh. Hasan Mutawakkil Alailah.

Maryono optimis akan dapat memenuhi sejuta wakaf. PBNU merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia. Ini merupakan peluang bagi BTN dalam memenuhi gerakan sejuta wakaf tersebut. Banyak manfaat yang akan dikerjasamakan bersama PBNU.

Ladang bisnis umat yang sangat besar, tentunya akan dapat dikelola dengan baik melalui kerjasama yang saling menguntungkan. Kerjasama berbasis iB pasti akan membawa manfaat bagi warga nahdliyin, lembaga-lembaga dan badan otonom di bawah naungan PBNU.

"Kami telah mengawali kerjasama itu dan terima kasih PBNU telah memberikan kepercayaan kepada Bank BTN hari ini mendukung gerakan sejuta wakaf untuk warga nahdliyin," tegas Maryono.

BTN sekaligus pada launching gerakan sejuta wakaf memperkenalkan Kartu Debit Visa BTN iB. Kartu tersebut, menurut Maryono, sekaligus dapat menjadi kartu anggota NU dan dapat digunakan untuk sarana autodebet wakaf, infak, zakat, dan sadaqoh.

Dengan dukungan VISA, seluruh warga NU akan mendapatkan kemudahan bertransaksi debit di seluruh outlet berlogo VISA, transaksi ATM diseluruh mesin ATM VISA, Link dan ATM Bersama di seluruh dunia.

Sekedar informasi, aset Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN pada Triwulan I 2016 tercatat sebesar Rp14,733 triliun atau tumbuh 29,49 persen dibandingkan periode sama tahun 2015 yang sebesar Rp11,409 triliun. Penghimpunan dana UUS Bank BTN juga meningkat dari Rp8,998 triliun pada tahun 2015 menjadi Rp12,095 triliun atau meningkat 34,42 persen.

Sementara untuk pembiayaan UUS Bank BTN tercatat sebesar Rp11,625 triliun atau tumbuh 20,37 persen dari periode sama 2015 yang sebesar Rp9,658 triliun.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: