Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sidang Penghindaran Pajak Lionel Messi Dimulai di Spanyol

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Sidang kasus dugaan penghindaran pajak oleh pesepakbola Barcelona Lionel Messi telah dimulai di Spanyol.

Messi, bersama sang ayah, Jorge, yang selama ini menangani urusan keuangannya, didakwa tidak membayar pajak dari tahun 2007 hingga 2009 dan karenanya dianggap telah merugikan negara sebesar € 4 juta (US$ 4,5 juta).

Mengutip BBC di Jakarta, Rabu (1/6/2016) pemerintah menuduh mereka menggunakan surga pajak di Belize dan Uruguay untuk menyembunyikan pemasukan hak cipta foto.

Kantor pajak Spanyol menuntut hukuman denda dalam jumlah besar dan hukuman penjara bagi kedua pria tersebut. Sidang diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari, dengan Messi dijadwalkan hadir di pengadilan pada hari Kamis.

Pendapatan yang terkait dengan hak cipta foto Messi, di antaranya adalah kontrak dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter and Gamble, dan Kuwait Food Company. Mereka telah menyangkal melakukan kesalahan.

Pengacara Messi telah menegaskan bahwa pemain terhebat di dunia tersebut "tidak pernah mencurahkan menit dari hidupnya untuk membaca, belajar, atau menganalisis" kontrak. Namun pengadilan tinggi di Barcelona menegaskan bahwa bintang sepak bola tidak harus diberikan kekebalan karena tidak tahu apa yang terjadi dengan keuangannya yang sedang dikelola oleh ayahnya.

Messi selama lima kali berturut-turut menyabet gelar Pemain Terbaik Dunia dan merupakan salah satu atlet terkaya di dunia.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: