Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Genjot Perekonomian? Ini yang Harus Dilakukan Negara Berkembang

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indonesia hingga saat ini memang berstatus sebagai negara yang masih berkembang.  Sebagai negara yang masih berkembang maka Indonesia dinilai perlu‎ melakukan strategi dengan rangka pembentukan suatu pemahaman, serta komitmen bersama dari berbagai pemangku kepentingan. Hal tersebut dilakukan untuk menggenjot perekonomian.

Pakar manajemen Robert S Kaplan mengatakan, strategi nilai bersama harus menawarkan manfaat ekonomi bagi perusahaan agar dapat menarik dukungan berkelanjutan dari para direksi dan pemegang sahamnya, serta manfaat lingkungan dan sosial bagi masyarakat.

"Kesemuanya itu harus berpartisipasi dan berkontribusi jika manfaat-manfaat tersebut hendak dicapai, jadi strategi shared value membutuhkan pemahaman dan komitmen bersama dari beberapa elemen," kata Kaplan, di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Shared value memfasilitasi sektor publik dan organisasi swasta menciptakan strategi yang memiliki dampak positif dan berkepanjangan, terlebih Indonesia merupakan negara berkembang membutuhkan komitmen tinggi dari korporasi, pemerintah, serta masyarakat.

Adapun creating shared value (CSV) adalah sebuah konsep dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan sosial dalam perancangan strategi perusahaan. Strategi itu merupakan pengembangan dari konsep tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait