Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menanti BPS Umumkan Data Inflasi Mei 2016

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan merilis angka indeks harga konsumen/inflasi untuk bulan Mei 2016. Angka inflasi ini akan diumumkan pada pukul 11.00 WIB di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Selain angka inflasi, BPS juga akan mengumumkan indeks harga perdagangan besar Mei 2016, perkembangan nilai tukar petani dan harga gabah Mei 2016, serta perkembangan transportasi dan pariwisata April 2016.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi bulan Mei sebesar 0,19% atau lebih rendah dari bulan lalu sebesar 3,6% sehingga inflasi secara tahunan sekitar 3,3% (year on year).

BI menyebutkan, membaiknya inflasi tersebut bersumber dari turunnya tekanan harga produk hortikultura. Namun, meski laju inflasi relatif terjaga hingga tengah tahun, tekanan kenaikan harga beberapa komoditas bahan makanan dengan harga yang bergejolak (volatile food ) menjelang Ramadan dan Lebaran tetap diwaspadai.

"Inflasi cukup baik. Dari survei kita diperkirakan ada di angka 0,19%. Tekanan di hortikultura seperti cabai sudah lebih turun. Tetapi untuk daging ayam memang masih diperhatikan," kata Gubernur BI Agus Martowardojo di Jakarta, Selasa (31/5/2016) kemarin.

Agus mengungkapkan BI sudah melakukan koordinasi mendalam dengan Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Bulog, dan Kementerian Pertanian untuk menjaga pasokan dan distribusi bahan pokok.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: