Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Modal Utama UKM Adalah Kreativitas'

Warta Ekonomi -

WE Online, Tangerang - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan modal utama bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bukan sekedar uang tetapi juga kreativitas.

"Menjalankan bisnis atau usaha secara mandiri dibutuhkan modal, namun modal itu bukan satu-satunya hal yang dapat mendukung kelancaran usaha," ucapnya di Tangerang, Rabu (1/6/2016).

Modal terbesar lainnya yang tiada bernilai itu adalah akal. Di mana dengan akal, kreativitas itu dapat tercipta. Menurutnya menjalankan usaha tak hanya modal semata, diperlukan kreativitas serta pemanfaatan teknologi yang ada saat ini.

Dengan demikian, diharapkan usaha dapat terus berkembang sehingga produk yang ditawarkan pun dapat bersaing dipasaran. Terlebih dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sebab, banyak orang ingin menjalankan satu bisnis tapi tidak semua orang kemudian terjun ke dunia bisnis. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah ketiadaan modal. Ditambah dengan kondisi perekonomian negara yang masih kurang stabil sehingga membuat gairah usaha kecil menengah mengalami perlambatan.

Pemerintah sebagai penyelenggara negara, menyadari akan hal tersebut dan untuk menanggulangi masalah permodalan Usaha Kecil Menengah (UKM), dilakukan berbagai upaya. Seperti mencanangkan berbagai program yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha dapat mengakses kredit perbankan dan lembaga keuangan bukan bank sesuai dengan ketentuan yang perundang-undangan.

Oleh karena itu, Arief berpesan kepada para pelaku UKM untuk dapat terus berkreativitas, melalui penyajian, kualitas, kemasan maupun pemasaran produknya.

"Produk harus dapat disajikan sebagus mungkin agar dapat menarik minat pembeli. Jangan berhenti berusaha dan terus berkreativitas dalam menjalankan usaha," tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, Sayuti mengatakan, Pemkot sesuai dengan kewenangannya berupaya memfasilitasi para pelaku UKM dengan menyelenggarakan perberdayaan UKM berupa pengembangan usaha, kemitraan, perizinan, koordinasi serta pengendalian.

Kegiatan pembinaan, adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Tangerang dalam rangka pemberdayaan untuk meningkatkan permodalan dan produktivitas UKM. Dengan terwujudnya kemudahan akses permodalan bagi para UKM yang dilakukan oleh Pemkot terutama dalam pengembangan usaha yang kokoh, akan dapat memberdayakan UKM.

"Sehingga dapat tumbuh dan berkembang. Yang akhirnya akan dapat memantapkan struktur dankemandirian perekonomian daerah maupun nasional," paparnya. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: