Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sah, Inggris akan Tinggalkan Uni Eropa

Warta Ekonomi, Jakarta -

Inggris telah memilih untuk meninggalkan Uni Eropa (UE), demikian hasil dari referendum bersejarah Brexit yang dilakukan pada Kamis (23/6/2016) waktu setempat, demikian Reuters.

Hasil referendum tersebut telah menempatkan Inggris pada kemunduran jalan dan perjanjian-perjanjian upaya Eropa untuk membina persatuan yang lebih besar sejak Perang Dunia Kedua.

Pasar keuangan dunia menurun tajam saat hasil referendum hampir selesai, menunjukkan 51,8 : 48,2 persen perpecahan. Lebih besar suara untuk meninggalkan UE atau British Exit (Brexit). Voting tersebut akan memulai setidaknya dua tahun proses perpisahan yang akan banyak cekcok dengan UE.

Keluarnya Inggris dari UE juga menimbulkan pertanyaan-pertanyaan terkait London sebagai ibu kota keuangan global. Hasil Brexit juga memberi tekanan besar pada Perdana Menteri David Cameron untuk mengundurkan diri, meskipun dia berikrar saat kampanye untuk tetap meneruskan jabatan apapun hasil referendum tersebut.

Mata uang Euro merosot lebih dari tiga persen atas dolar terhadap isu pemilihan suara Brexit. Hal itu akan berdampak pada kerugian yang lebih luas secara ekonomi dan politik bagi UE yang akan beranggotakan 27 negara. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: