Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rooney: Inggris Mampu Juarai Piala Eropa 2016

Warta Ekonomi, Paris -

Kapten Inggris Wayne Rooney memandang Inggris mampu memenangkan Piala Eropa 2016 karena adanya keyakinan bahwa kesenjangan diantara tim-tim elite daratan Eropa semakin mengecil dalam beberapa tahun terakhir.

Hasil imbang 0-0 dengan Slowakia pada Senin memastikan Inggris menjadi runner-up Grup B di belakang Wales, berpotensi melaju ke babak final dengan jalur yang rumit karena mereka sekarang berada di sisi yang sama dari hasil undian dengan pemenang Piala Dunia Jerman, juara bertahan Eropa Spanyol dan tuan rumah Perancis.

Ketua FA Inggris Greg Dyke mengatakan sebelum turnamen bahwa mencapai babak semifinal atau tereliminasi pada tahap perempat final oleh "tim yang kuat" sudah dianggap sukses, namun Rooney memandang target yang jauh lebih tinggi.

"Kami di sini dan kami ingin menang," ujar pencetak gol Inggris terbanyak sepanjang masa itu kepada wartawan.

"Apakah itu bisa terjadi masih harus dilihat, tapi kami tidak akan mengatakan bahwa mencapai ke perempat final akan menjadi sinyal kemajuan. Saya percaya kita bisa lebih baik dari itu." Inggris belum berhasil melewati perempat final dalam tiga kejuaraan Eropa terakhir mereka dan gagal melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia 2014, tapi Rooney melihat alasan untuk optimis pada kesempatan kali ini.

"Jika ini adalah empat tahun yang lalu dan Anda mengatakan Anda harus menghadapi Perancis, Spanyol dan Jerman, Anda akan khawatir," tambahnya.

"Saya pikir kesenjangan telah berubah, dan tidak hanya dengan diri kita sendiri, tetapi dengan tim-tim seperti Wales. Kesenjangan diantara tim-tim tidak besar." Para pemain manajer Roy Hodgson berambisi meraih gelar juara internasional pertama mereka sejak Piala Dunia 1966, akan tetapi mereka harus menemukan cara mengalahkan Islandia di pertandingan babak 16 besar pada Senin. Selanjutnya mereka akan menghadapi Prancis untuk sebuah tiket di babak empat besar.

Hodgson membawa enam striker ke Prancis, namun timnya itu harus berjuang keras mengubah dominasi menjadi gol, mencetak gol tiga kali dalam tiga pertandingan grup dan hanya satu kali menang.

Meskipun perjuangan tim berat di sepertiga akhir, Rooney, yang telah menarik posisinya dari lini tengah menjadi gelandang bertahan, mengatakan, adanya pemain-pemain berbakat di timnya berarti ia merasa tekanan dirinya sedikit berkurang.

"Saya selalu menjalani turnamen dan berpikir jika saya tidak bermain dengan penampilan terbaik, maka kami tidak bisa menang," kata pemain yang bersinar di panggung internasional saat berusia 18 tahun dan empat gol di pentas Piala Eropa 2004.

Sejak itu Rooney telah gagal membuat penampilan yang prima di kejuaraan kontinental dan meskipun ia belum membuat gol di Perancis, ia senang bahwa skuad Inggris memiliki pemain berbakat lain yang bisa meringankan beban harapan di pundaknya.

"Saya datang ke turnamen ini dan kami memiliki beberapa pemain yang mampu melakukan hal-hal ajaib. Kami memiliki lima atau enam pemenang pertandingan di tim kami," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: