Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Waspadai Uang Palsu

Warta Ekonomi, Bogor -

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu yang biasa marak terjadi menjelang Lebaran.

"Momen menjelang Lebaran ini kerap dimanfaatkan oleh oknum tertentu mencari keuntungan dengan memanfaatkan kelengahan masyarakat," kata Usmar di Bogor, Sabtu (25/6/2016).

Menurutnya, menjelang Lebaran masyarakat tengah disibukkan dengan persiapan menyambut hari raya, transaksi jual beli pun meningkat baik di pasar modern maupun pasar tradisional.

"Tren peredaran uang palsu meningkat, masyarakat harus tanggap dan mewaspadainya, begitu juga para pedagang," katanya.

Ia mengatakan, kecanggihan teknologi saat ini membuat ragam jenis kejahatan ikut meningkat. Uang palsu yang beredar dibuat sedemikian mirip hingga sulit dibedakan oleh masyarakat awam.

"Semakin canggih teknologi, berkembang pula untuk mencetak uang hingga sangat mirip dan mampu mencetak hingga Rp100 miliar," katanya.

Peredaran uang palsu tersebut, lanjutnya, sangat merugikan masyarakat. Oleh karena itu masyarakat diimbau waspada. Jika menemukannya dapat langsung melaporkan kepada aparat yang berwajib.

"Segera laporkan kepada aparat penegak hukum, baik kepolisian maupun perbankan terdekat atau aparat wilayah agar ditindaklanjuti segera," kata Usmar.

Sementara itu, Kapolres Bogor Kota AKBP Andi Herindra menyebutkan pihaknya belum menerima laporan terkait peredaran uang palsu di wilayahnya. Namun, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk waspada. Ia menambahkan, untuk mencegah peredaran uang palsu, masyarakat dapat melakukan trik-trik sebagai berikut yakni melihat, meraba, dan menerawang.

"Lakukan trik-trik ini bila menemukan uang yang diragukan keasliannya. Jika ditemukan, laporkan segera," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: