Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puncak Mudik Jabar Diprediksi 1-3 Juli

Warta Ekonomi, Bandung -

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 1436 Hijriah/Lebaran 2016 di wilayah Jawa Barat akan terjadi pada tanggal 1, 2 dan 3 Juli 2016.

"Prediksi kami tanggal 1,2 dan 3 Juli puncaknya arus mudik di Jawa Barat mengingat tanggal tersebut perusahaan dan instansi lainnya sudah masuk cuti bersama Lebaran," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Minggu (26/6).

Ia menuturkan berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan diprediksi sekitar 10 juta orang akan melintas jalur mudik utara, selatan dan tengah di Jawa Barat.

"Jadi 10 juta orang atau pemudik ini akan melintas jalur udara, darat hingga air di Jawa Barat. Jumlah ini meningkat sekitar lima persen dibandingkan tahun lalu," katanya.

Selain itu, lanjut Dedi, jumlah pemudik roda dua atau sepeda motor juga akan mengalami peningkatkan sekitar 51 persen jika dibandingkan tahun lalu.

"Peningkatan pemudik sepeda motor ini karena kami tahu begitu mudahnya masyarakat mendapatkan cicilan motor baru. Sehingga wajar jika setiap tahunnya ada peningkatan," kata dia.

Oleh karena itu, untuk menekan jumlah pemudik sepeda motor tahun 2016 ini Dinas Perhubungan Jawa Barat akan melaksanakan kegiatan mudik bareng gratis untuk masyarakat ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Selasa, 28 Juli 2016.

"Mudik gratis yang dilaksanakan oleh kami ini titik keberangkatan akan dilaksanakan di tiga daerah yakni Bekasi 15 bus, Sukabumi tiga bus dan Kota Bandung 10 bus," kata dia.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: