Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dampak Brexit, HSBC Akan Pindahkan 1.000 Pekerja

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

HSBC akan merelokasi hingga 1.000 karyawannya dari London ke Paris jika Inggris meninggalkan pasar tunggal, menyusul keputusan rakyat Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa. Karyawan yang akan direlokasi adalah mereka yang sudah menerima pembayaran dalam Euro di kantor HSBC distrik Canary Wharf, London.

Pasca-Brexit, Inggris perlu menegosiasikan hubungan perdagangan dengan Uni Eropa, termasuk apakah Inggris akan tetap menjadi bagian dari pasar tunggal atau tidak.

Para pemimpin zona euro memperingatkan bahwa tanpa adanya akses tidak terbatas ke Uni Eropa, perusahaan keuangan besar di London bisa memindahkan operasinya di luar Inggris.

Mengutip BBC di Jakarta, Senin (27/6/2016) Kepala Eurogroup, Jeroen Dijsselbloem, mengatakan bahwa berhenti dari blok perdagangan terbesar di dunia bisa memberikan biaya bagi akses Inggris ke pasar tunggal perdagangan yang selama ini bebas hambatan dan itu berarti Inggris harus mencari kesepakatan perdagangan baru dengan negara-negara di seluruh dunia.

Jika Inggris meninggalkan pasar tunggal atau Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), maka Inggris akan kehilangan akses yang memungkinkan bank atau lembaga keuangan untuk beroperasi tanpa hambatan di semua negara EEA.

EEA terdiri dari 28 anggota Uni Eropa, ditambah Islandia, Liechtenstein dan Norwegia. Aturan EEA memungkinkan negara-negara non-Uni Eropa untuk menjadi bagian dari pasar tunggal Uni Eropa.

Kepala bank sentral Prancis, Francois Villeroy de Galhau, juga memperingatkan bahwa bank-bank di London akan kehilangan "paspor keuangan" mereka di luar pasar tunggal atau EEA. Sementara itu CEO Deutsche Bank, John Cryan, mengatakan bahwa London akan kehilangan statusnya sebagai pusat keuangan dunia.

Bank yang berbasis di London tersebut memiliki sekitar 48.000 pekerja Inggris di operasional perbankan ritel dan investasi. Setahun yang lalu, HSBC berencana untuk memangkas 8.000 pekerja di Inggris untuk penghematan biaya.

Awal tahun ini, HSBC mengatakan akan tetap mempertahankan kantor pusat global di London. Menyusul hasil referendum, sekitar 2.000 pekerja di bank investasi AS Morgan Stanley akan dipindahkan dari London ke Dublin atau Frankfurt jika Inggris memutuskan meninggalkan pasar tunggal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: