Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lolos di DPR, Selangkah Lagi Tito Jadi Kapolri

Warta Ekonomi, Jakarta -

DPR RI akhirnya menyetujui Komjen Pol Tito Karnavian menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti. Keputusan itu diambil berdasarkan Sidang Paripurna yang digelar hari ini (Senin, 27/6/2016).

Pimpinan sidang yang juga Wakil Ketua DPR Fadli Zon sebelumnya mempersilahkan Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo untuk membacakan laporan proses pengajuan Tito sebagai calon Kapolri dari Presiden.

Diketahui, Komisi III DPR telah melewati proses pencalonan Tito, dari mengumumkan pencalonan Tito di media massa, melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), mengundang PPATK, KPK dan Kompolnas serta terakhir mengunjungi rumah pribadi mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

"Menindaklanjuti surat bernomor R40/Pres/06/2016 perihal Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan Kapolri. Setelah melewati tahapan pencalonan itu, berdasarkan keputusan rapat pleno tersebut, Komisi III DPR RI melalui pandangan fraksi-fraksi menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Pol Drs Badrodin Haiti sebagai Kapolri dan selanjutnya menyetujui untuk mengangkat Komjen Pol Drs M. Tito Karnavian, MA, PhD sebagai Kapolri," kata Bambang saat membacakan laporan di Sidang Paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Senin (27/6/2016).

Usai mendengarkan pembacaan laporan Ketua Komisi III, pimpinan sidang pun kemudian meminta persetujuan dari seluruh peserta sidang.

"Apakah laporan Komisi III DPR terkait calon Kapolri dapat disetujui?" kata Fadli.

"Setuju!" seru peserta Paripurna.

"Tok!" Tangkas Fadli tanda menyetujui.

Dengan begitu, Tito telah dinyatakan 'lolos' oleh DPR RI, dan tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo. Selamat, Pak Tito!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: