Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Pasar Modal Kuat, Dampak Brexit Tak Terlalu Terasa

Warta Ekonomi, Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Britain Exit (Brexit) tidak terlalu berpengaruh besar bagi kinerja indeks. Hal tersebut mengindikasikan pasar modal Indonesia sudah cukup kuat.

"Kita bangga pasar modal sudah punya ketahanan cukup kuat. Jika kita banding negara lain justru lebih terpuruk, ada yang turun sampai 3 persen, bahkan Nikkei turun sampai 8 persen," kata Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida, ‎ditemui di Jakarta, Senin (27/6/2016).

Memang, dengan adanya Brexit ini mempengaruhi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama beberapa hari ini, dan hantaman derasnya terlihat sejak penutupan perdagangan Jumat, 24 Juni 2016. Di mana posisi indeks terkoreksi ke level 4.834,57 dari perdagangan di hari sebelumnya.

Ia mengungkapkan, dalam mengembangkan pasar modal, OJK selalu menjalan‎kan terobosan bersama Self Regulation Organization (SRO). ‎Terobosan yang dilakukan adalah mempermudah perusahaan untuk melepas saham serta memperbanyak jumlah investor dari posisi yang ada saat ini. Selain itu, OJK pun memaksimalkan pelayanan dalam perdagangan saham. Sehingga, pasar modal Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

"Kemudahan itu, kejelasan dan hal-hal perlindungan investor yang kita sudah tingkatkan, sehingga kita bisa bersaing," ungkapnya.

Seperti diketahui, hasil akhir dari penghitungan suara dari kelompok "Leave" yang ingin Inggris keluar dari Uni Eropa,  mencapai 52 persen. Sementara kelompok "Remain", yang menginginkan Inggris bertahan hanya memperoleh 48 persen.

Hingga saat ini seluruh 382 wilayah pemungutan suara sudah melaporkan hasil penghitungannya. Tercatat kelompok "Remain" meraih 16,1 juta suara dan "Leave" meraih 17,4 suara dengan tingkat kehadiran mencapai 72,1 persen.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: