Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelindo III Terus Tingkatkan Infrastruktur Pelabuhan

Warta Ekonomi, Semarang -

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Emas Semarang terus meningkatkan infrastruktur kawasan dalam pelabuhan.

"Mengenai kemajuan pelaksanaan pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas ini kami telah menyelesaikan sebagian pembangunan sistem polder dan revitalisasi terminal penumpang," kata General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Tri Suhardi di sela kegiatan pasar murah di Kantor Pelindo Semarang, Selasa (28/6/2016).

Meski demikian, diakuinya di jalan depan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) yaitu Jalan Yos Sudarso masih tergenang rob. Terkait hal itu, saat ini pihaknya tengah dalam proses pengadaan pompa dan pelebaran saluran.

Peningkatan fasilitas infrastruktur yang lain yaitu revitalisasi terminal penumpang, penambahan dermaga peti kemas, modernisasi peralatan peti kemas, dan penambahan kedalaman kolam pelabuhan.

"Terkait penambahan kedalaman kolam pelabuhan ini agar dapat melayani kapal dengan ukuran yang lebih besar," katanya.

Selanjutnya pada program tahap dua, pihaknya berencana memodernisasi Terminal Samudera dan pengembangan Terminal Kalibaru Barat untuk curah.

Selain itu juga melanjutkan pengembangan Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), di antaranya penambahan peralatan dan pembangunan fasilitas moda kereta api.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan adanya dukungan seluruh pihak baik dari Pemkot Semarang maupun pihak KSOP Tanjung Emas," katanya.

Sementara itu, pada kegiatan pasar murah tersebut pihaknya bersama TPKS menyalurkan bantuan 3.000 paket sembako dengan nilai Rp100 ribu/paket. Masing-masing paket berisi 5 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan 5 bungkus mi instan.

Paket sembako diberikan kepada tenaga bongkar muat pelabuhan dan warga sekitar. Secara rincian, ada 608 paket untuk tenaga kerja bongkar muat, 750 paket untuk warga Kelurahan Bandarharjo, dan 750 paket untuk warga Kelurahan Tanjung Emas.

Selain itu, ada 300 paket untuk warga Tambak Lorok dan Ujung Laut, 144 paket untuk Panti Asuhan Joko Tingkir, dan 1.056 paket untuk tenaga kebersihan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: