Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Lebaran Penjualan Ponsel di Bandung Naik 40 Persen

Warta Ekonomi, Bandung -

Produsen maupun pedagang telepon selular memperkirakan ada peningkatan penjualan perangkat komunikasi itu pada momen Lebaran 2016.

"Permintaan pasar smartphone meningkat menjelang Lebaran 2016, kami prediksi ada peningkatan hingga 40 persen. Salah satunya dengan meluncurkan produk baru," kata Marketing Manager Lenovo Indonesia Miranda Vania Waroka di Bandung, Selasa (28/6/2016).

Ia menyebutkan, momen Lebaran kerap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membeli perangkatan elektronik baru, termasukk smartphone yang telah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat.

"Permintaan produk baru dari distributor sudah sejak jauh-jauh hari, salah satunya untuk momen Lebaran ini," katanya.

Menurut dia, masyarakat menyisihkan sebagian penghasilannya, terutama tunjangan hari raya (THR) untuk belanja smartphone idamanya.

Ia menyebutkan, minat konsumen untuk menikmati konten digital terus berevolusi, salah satu trend yang saat ini berkembang adalah konten digital yang mengarah kepada teknologi virtual.

"Konten digital yang mengarah ke teknologi virtual saat ini paling diburu pasar dan akan menjadi trend ke depan, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau," kata Miranda.

Selain itu salah satu konten yang paling diburu adalah kualitas kamera yang bisa menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Hal itu pula menjadi salah satu pertimbangan konsumen membeli smartphone untuk mengabadikan momen Lebaran bersama keluarga maupun kerabatnya.

"Ada konsumen yang mengejar kamera, dan itu menjadi pasar tersendiri. Kombinasi konten itu menjadi trend saat ini," katanya.

Ia menyebutkan, Lenovo menangkap pasar teknologi virtual reality melalui Lenovo VIBE K4 Note dan VIBE K5 dan A7000 SE. Selain mengembangkan produk, pihaknya juga mendorong pengembangan konten, aplikasi dan games berbasis virtual reality.

Sementara itu Firman, salah seorang pedagang ponsel di Bandung Electronic Center (BEC) Kota Bandung menyatakan penjualan ponsel pintar mendominasi penjualan menjelang Lebaran. Selain barang baru juga barang second juga meningkat.

"Mereka mengejar konten dan keunggulan kamera. Selain untuk berkomunikasi perangkat itu juga untuk menyalurkan seni fotografi dan editing," kata Firman.

Ia mengakui penjualan smartphone jenis android mendominasi dan counternya. Ia mengaku telah mempersiapkan stok barang untuk mengantisipasi peningkatan pembelian ponsel pada menjelang Lebaran.

"Sejak Senin kemarin penjualan meningkat, mungkin para karyawan sudah mendapat THR," kata Firman.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kurniawati, penjual aksesori ponsel yang mengalami peningkatan dibanding hari-hari sebelumnya.

"Ada peningkatan, meski di ini (BEC) setiap harinya sibuk," katanya menambahkan.

Ia mengakui, sejumlah produsen smartphone meluncurkan produk terbarunya pada Bulan Ramadhan dengan target bisa melakukan penjualan signifikan pada momen lebaran. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: