Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jepang Minta Inggris, Jerman Jamin Kepercayaan Pasar Pasca-Brexit

Warta Ekonomi, Jakarta -

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Kamis, mendesak pemimpin Inggris dan Jerman untuk bekerja sama mengembalikan kepercayaan terhadap pasar keuangan global pasca-Brexit.

Para pendukung Brexit (Inggris Keluar dari Uni Eropa) pekan lalu memenangi pemungutan suara, yang hasilnya memutuskan bahwa Kerajaan Inggris berpisah dari Uni Eropa. Keputusan tersebut mengejutkan banyak pihak.

Hasil referendum Brexit mengakibatkan saham global dan nilai mata uang Inggris, pound, anjlok.

Situasi itu membuat yen Jepang, yang dilihat sebagai tempat berlindung, melambung.

Menguatnya nilai yen akan menghambat upaya-upaya Abe menghidupkan kembali perekonomian Jepang.

Melalui suatu pernyataan, pemerintah Jepang mengatakan Abe telah melakukan pembicaraan telepon secara terpisah dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Kanselir Jerman Angela Merkel, pemimpin paling kuat di Eropa.

"Perdana Menteri Abe meminta Inggris dan Uni Eropa agar bekerja sama dan memberikan pesan jelas untuk menghilangkan kekhawatiran pasar serta segera memperkuat kemampuan meramal (pasar, red)," kata pernyataan itu.

Abe sepakat dengan Cameron maupun Merkel bahwa Kelompok Tujuh negara industri terkemuka harus bekerja sama dengan erat dalam mewujudkan stabilitas pasar keuangan global, tambah pernyataan.

Kelompok Tujuh (G7) terdiri dari Jepang, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Kanada dan Italia.

Cameron telah berencana untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri pada musim gugur tahun ini setelah ia gagal meyakinkan rakyat Inggris untuk memilih untuk tetap bergabung dengan Uni Eropa saat referendum pekan lalu. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: