Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan Sebut Daging Sapi Beku Higienis untuk Dikonsumsi

Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan daging sapi beku yang diimpor dan dipasok ke sejumlah pasar Jabodetabek aman dan higienis untuk dikonsumsi sehingga masyarakat tidak perlu harus membeli daging sapi lokal yang lebih mahal.

"Katanya masyarakat tidak senang daging beku padahal semua hotel konsumsi daging beku juga. Perlu edukasi ke masyarakat bahwa daging 'frozen' itu higienis, sehat dan aman dari penyakit," kata Menteri Amran saat operasi pasar di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (1/7/2016).

Amran mengatakan masyarakat tidak perlu mengkonsumsi daging sapi lokal yang saat ini dijual dengan harga Rp115-125 ribu jika bisa membeli daging sapi beku yang telah dipasok ke pasar tradisional.

Harga daging sapi beku di 18 pasar tradisional Jabodetabek berkisar antara Rp75 ribu sampai Rp80 ribu, sedangkan di Toko Tani Indonesia (TTI) Pasar Minggu, Jakarta Selatan dijual hanya Rp75.000.

Adapun daging sapi beku impor sudah masuk sampai ke lapak-lapak pasar tradisional dengan stok yang disiapkan pemerintah bersama 12 perusahaan swasta sebesar 9.000 ton atau setara 52 ribu ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang dan setelah lebaran.

Amran mengatakan tahun ini pertama kalinya daging beku beredar di pasaran karena sebelumnya ada regulasi yang menghambat pasokan daging ke pasar tradisional.

"Ini pertama kalinya daging beku bisa masuk sampai ke lapak-lapak dengan harga terjangkau. Tidak pernah terjadi dalam 70 tahun terakhir. Tiga tahun terakhir ada aturan daging beku tidak boleh sampai ke pasaran, tapi insya Allah kami akan cabut regulasi yang membatasi tersebut," ujar Amran.

Ia menjelaskan regulasi yang membatasi pasokan daging beku ini akan diajukan ke Presiden Joko Widodo dan Menko Perekonomian untuk ditinjau ulang, bahkan dihapus.

Selain di pasar tradisional, masyarakat juga dapat membeli daging sapi beku di 300 titik TTI tersebar di Jabodetabek, salah satunya di Pasar Tani Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jalan Harsono RM 3, Ragunan, Jakarta Selatan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: