Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berlian 1.109 Karat Berusia 3 Miliar Tahun Gagal Terjual di London

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Berlian terbesar di dunia gagal terjual dalam acara lelang yang berlangsung di London, Inggris. Mengutip AFP di Jakarta, Sabtu (2/7/2016), Lesedi La Rona, berlian sebesar bola tenis, dengan berat 1.109 karat yang ditemukan di areal pertambangan Karowe di Botswana, diprediksi terjual dengan nilai lebih dari US$ 70 juta.

Usia berlian tersebut diperkirakan mencapai 3 miliar tahun. Sebelumnya, Lucara menjual berlian mentah 813 karat dalam sebuah lelang privat, seharga US$ 63 juta dollar per karat, pada Mei lalu. Namun juru lelang Sotheby gagal membujuk penawar untuk membeli berlian yang ditemukan pada November 2015 oleh Lucara Diamond Corp dengan nilai di atas US$ 61 juta.

"Meskipun telah lama dikagumi sejak belum terselenggaranya lelang malam ini, Lesedi la Rona gagal menyentuh harga cadangan yang dipatok dan akibatnya tidak menemukan pembeli malam ini," kata Sotheby dalam sebuah pernyataan.

Pihak Lucana menyatakan akan menyimpan berlian itu untuk sementara ini. Para pembeli potensial diduga menghitung bahwa memotong bongkahan itu dalam ukuran yang lebih kecil belum tentu bisa mengembalikan modal mereka.

"Jika anda memutuskan untuk membeli 1.109 karat, maka nilainya US$ 62.000 per karat," kata Henri Barguirdjian, Presiden dan CEO dari Graff Diamonds.

"Itu merupakan harga yang terlalu tinggi untuk berlian mentah, jadi saya kira harga yang ditawarkan terlalu tinggi," katanya.

Harga batu mulia di pelelangan semakin tinggi akhir-akhir ini, seiring dengan semakin banyaknya orang-orang super kaya di dunia yang berinvestasi dalam aset keras untuk mencari keamanan terhadap volatilitas pasar saham.

Bereaksi terhadap gagalnya penjualan, Tobias Kormind dari 77 Diamonds mengatakan bahwa pasar permata mungkin telah mencapai titik kritis dan permintaan batu langka besar mungkin mengalami kejenuhan. Sementara itu, perhatian disisi finansial menyusul hasil referendum di Inggris diduga juga menjadi faktor kegagalan penjualan berlian mentah tersebut.

Pada hari yang sama dengan batu itu ditemukan, berlian lain dengan berat 830 karat ditemukan di Botswana. Berlian tersebut merupakan yang terbesar ketiga di dunia.

Rekor untuk berlian terbesar di dunia masih dipegang oleh "Cullinan Diamond", sebuah permata legendaris yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905 dengan berat 3,016.75 karat. Cullinan Diamond dipotong menjadi sembilan berlian untuk menjadi permata mahkota Inggris. Sebuah berlian biru dari tambang yang sama di Afrika Selatan dijual lebih dari £ 25 juta di New York bulan ini.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait