Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni

Warta Ekonomi, Bandar Lampung -

Penumpang arus mudik Lebaran 2016 dari Pelabuhan Merak Banten memadati Pelabuhan Bakauheni Lampung mulai Jumat (1/7) malam hingga Sabtu subuh.

Kepadatan penumpang itu mengakibatkan terjadi penumpukan penumpang di areal pelabuhan dan terminal di Bakauheni karena kapasitas bus reguler yang melayani mereka ke Terminal Induk Rajabasa Bandarlampung tak cukup.

Petugas mesti menunggu kedatangan bus dari Rajabasa dan mengerahkan beberapa bus bantuan untuk mengangkut penumpang agar tak makin menumpuk di areal terminal Pelabuhan Bakauheni.

Kepadatan penumpang, menurut petugas layanan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, telah terjadi pada Sabtu dini hari hingga menjelang pagi sehingga harus berdesakan turun dari kapal memasuki gang way menuju terminal Bakauheni.

Petugas sempat meminta sebagian penumpang kedatangan dari Merak menggunakan jalur gang way penumpang berangkat dari Bakauheni ke Merak yang masih terlihat sepi, agar tak terjadi penumpukan dan saling berdesakan lagi.

Namun menjelang pagi hari sekitar pukul 06.30 WIB, penumpukan penumpang berangsur normal kembali dan semua terangkut bus ke Terminal Rajabasa maupun tujuan lain di Lampung.

Para penumpang turun kapal feri di Bakauheni, sebagian besar harus melanjutkan perjalanan ke Terminal Rajabasa menuju tempat mudik masing-masing pada sejumlah tempat di Lampung.

Tapi sebagian lain memilih menggunakan sarana angkutan ojek dan travel maupun mobil carteran ke tempat tujuan masing-masing.

Sebagian penumpang terutama kaum wanita, memilih tetap menunggu di area Pelabuhan Bakauheni pada Jumat malam hingga Sabtu dini hari, dan baru menjelang pagi berangkat lagi melanjutkan perjalanan.

Kondisi itu yang membuat terjadi penumpukan penumpang karena umumnya berangkat bersamaan, mengingat sebagian penumpang juga tetap melaksanakan puasa Ramadan dan makan sahur di warung area pelabuhan maupun membawa bekal makanan sendiri.

Diperkirakan kepadatan arus penumpang tiba di Bakauheni dari Merak akan terjadi hingga Senin (4/7) mendatang, dan arus penumpang dari Bakauheni ke Merak akan terjadi pada arus balik usai Lebaran 2016 nanti.

Data penumpang dari PT ASDP Bakauheni, menurut Kepala Operasional/Manajer Usaha selaku Ketua Posko Yefry Hendri hingga Jumat (1/7) malam baru terdata sebagian penumpang sebanyak 9.419 orang diangkut dari Bakauheni ke Merak. Data penumpang hingga Sabtu pagi belum diterima dari petugas posko setempat.

Padahal penumpang itu sehari sebelumnya Kamis (30/6) telah mencapai 36.045 orang.

Namun belum diperoleh data jumlah penumpang kapal yang turun dari Merak di Bakauheni yang diperkirakan mengalami peningkatan dibandingkan sehari sebelumnya.

Sebanyak 25-27 kapal feri (roll off roll on/ro-ro) dioperasikan untuk mengangkut penumpang arus mudik dan balik pada Lebaran 2016.(Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: