Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Imbauan Polri bagi Pemudik

Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebagai petugas keamanan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Satgas telah bersiaga terjun ke berbagai jalur mudik. Hal ini ditujukan untuk membantu kelancaran arus mudik dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas.

Selain pemaparan Operasi Ramadhaniya, dalam konferensi pers persiapan mudik lebaran tahun 2016 Polri juga menyampaikan imbauannya bagi pemudik. Berikut imbauan Polri yang disampaikan oleh Kepala Datasemen Pengawalan PJR Korlantas Polri Kombes Raden Heru Prakoso.

1. Pemudik agar memahami Trisiap, yaitu siap menaati peraturan; siap mengemudi kendaraan (tidak dalam pengaruh alkohol, membawa bekal yang cukup selama perjalanan) termasuk membawa kelengkapan administrasi kendaraan; dan siap kendaraan (kendaraan layak digunakan selama perjalanan);

2. Isi bahan bakar minyak (BBM) sebelum berangkat agar tidak antre di rest area dan tidak menimbulkan kemacetan;

3. Gunakan media sosial untuk memonitoring jalur kepadatan, macet, dan bencana alam. Untuk kendaraan roda dua dapat memanfaatkan pos check point yang sudah disiapkan di berbagai lokasi;

4. Jangan menggunakan jalur contra flow tanpa petunjuk dan arahan dari petugas;

5. Disarankan tidak menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pemudik dengan kendaraan roda dua naik 50%. Polri tetap mengimbau pemudik agar tidak menggunakan kendaraan roda dua mengingat dari tahun ke tahun kasus kecelakaan saat mudik didominasi oleh motor.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: