Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perjalanan Rio Segera Terhenti, Manajemen: Berharap Rio bisa Tetap Berlaga

Warta Ekonomi, Semarang -

Manajemen Rio Haryanto berharap pembalap nasional tersebut tetap bisa berlaga pada lomba balap mobil Formula Satu (F1) 2016 yang sekarang ini sudah memasuki race kesebelas.

Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/7/2016), mengatakan, sampai kini manajemen belum bisa menutup kekurangan dana untuk setengah season-nya lagi (lomba balap mobil F1 sebanyak 21 race).

"Kontrak dengan tim Manor Racing akan berakhir usai lomba balap mobil F1 di Hongaria (22-24 Juli 2016) atau race kesebelas F1," katanya menegaskan.

Harapannya, kata dia, pembalap berusia 23 tahun ini masih bisa lanjut tampil satu musim penuh. "Makanya kami berharap ada kepedulian semua pihak untuk Rio Haryanto," katanya.

Ketika ditanya bagaimana langkah yang dilakukan manajemen untuk menutup kekurangan dana terkait kontrak dengan Manor Racing, dia mengatakan, manajemen sudah menghubungi beberapa pihak tetapi tampaknya banyak yang belum paham soal dasyatnya F1 dan dampaknya buat sponsor.

"Bagaimana istimewanya bila suatu negara ada atletnya yang berlaga di F1. Kita lihat di televisi berapa juta orang yang menyaksikannya, contohnya Petronas yang beerapa tahun menjadi sponsor F1. Tetapi kami bersyukur Pertamina dan Kiky bisa melihat seperti itu," katanya menegaskan.

Seperti diwartakan sebelumnya untuk berlaga pada F1 2016 ini, pebalap berusia 23 tahun ini terikat kontrak dengan Manor Racing yang nilainya 15 juta euro dan kini sudah ada 7,5 juta euro. "Masih ada 7,5 juta euro kekurangannya dan sampai kini kita tetap berjuang untuk mendapatkan sponsor agar bisa menutup semuanya," kata Indah Pennywati saat itu.

Ia mengakui, memang beberapa perusahaan sudah didatangi setelah mendapatkan konfirmasi tetapi mereka beranggapan bahwa Rio Haryanto sudah dibiayai oleh pemerintah. Dana yang sudah ada sekarang ini (7,5 juta euro) lanjut dia, berasal dari PT Pertamina dan keluarga.

Setelah race kesebelas di Hungaria, lomba balap mobil Formula Satu masih menyisakan 11 race lagi. Race ke-12 dimainkan di Jerman (29-31 Juli), dilanjutkan race ke-13 di Belgia (26-28 Juli), ke-14 di Italia (2-4 September), ke-15 di Singapura (16-18 September), ke-16 di Malaysia (30 September hingga 2 Oktober), ke-17 di Jepang (7-9 Oktober), ke-18 di Amerika Serikat (21-23 Oktober), race ke-19 di Meksiko (28-30 Oktober), race ke-20 di Brazil (11-13 November), dan terakhir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (25-27 November).

Ketika ditanya apakah Rio Haryanto sudah berangkat ke Hungaria untuk mengikuti race ke-11 F1 mendatang, Indah Pennywati mengatakan, hari ini atau Selasa ini Rio Haryanto bertolak ke Hungaria dari Inggris.

Usai mengikuti race ke-10 dan uji coba di Sirkuit Silverstone Inggris (12-13 Juli) bersama tim Manor Racing, pebalap asal Solo, Jateng, tersebut tidak kembali ke Indonesia tetapi tetap berada di negara tersebut hingga keberangkatan ke Hungaria.  (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: