Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Targetkan Realisasi Investasi Rp15 Triliun

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan realisasi nilai investasi yang masuk ke sektor kelautan dan perikanan di dalam negeri mencapai hingga sekitar Rp15 triliun pada tahun 2016.

"Kami punya rencana investasi khusus investasi swasta. Kami harapkan realisasi Rp15 triliun," kata Direktur Pengembangan Investasi Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Anang Noegroho dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (23/7/2016).

Menurut Anang, selama ini sektor pemasaran dan pengolahan perikanan dinilai paling diminati oleh para investor.

Selain itu, ujar dia, saat ini investasi yang masuk sudah mencapai sekitar Rp10,3 triliun, baik dari catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) maupun minat investasi di luar perizinan.

Sebagaimana diwartakan, Direktur Pengelola Bank Dunia Sri Mulyani akan mendiskusikan investasi perikanan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam Pertemuan Regional Perikanan Asia Tenggara dan Pasifik, pekan depan di Jakarta.

Pertemuan yang juga akan dihadiri Direktur Jenderal Departemen Perikanan Kerajaan Thailand Adisorn Promthep serta Menteri Pertanian dan Industri Berbasis Pertanian Malaysia Ahmad Shabery Cheek tersebut secara luas akan membicarakan reformasi perikanan di di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

"Bagaimana mengukur dan membiayai investasi yang diperlukan menjadi inti dari topik yang akan dibahas dalam diskusi," ujar Direktur Eksekutif World Ocean Summit Charles Goddard dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Charles Goddard mengatakan pemangku jabatan terbesar di industri perikanan akan didorong bekerja sama untuk kemajuan industri tersebut. Hasil dari pertemuan itu, kata dia, akan dilaporkan pada World Ocean Summit yang akan diselenggarakan di Bali pada Februari 2017.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sejumlah kesempatan telah mengajak pengusaha untuk berinvestasi dalam aktivitas bisnis penangkapan ikan karena jumlah ikan di perairan Indonesia melimpah.

Selain itu, Pemerintah melalui KKP menggalakkan investasi sektor kelautan dan perikanan terutama di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan di berbagai daerah di Tanah Air.

"Forum ini bertujuan untuk mengembangkan investasi dan kerja sama ekonomi di lokasi pembangunan SKPT (Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu) pada 15 pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan Indonesia," kata Menteri Susi dalam acara forum bisnis di KKP, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Untuk itu, ujar dia, perlu pula digencarkan promosi dan sosialisasi ke semua pihak dalam rangka menarik investor guna menanamkan modalnya di pulau-pulau kecil dan kawasan perbatasan.

Ke-15 SKPT itu terletak di Simeulue, Natuna, Mentawai, Nunukan, Tahuna, Morotai, Biak Numfor, Sangihe, Rote Ndao, Moa, Saumlaki, Tual, Sarmi, Timika, dan Merauke. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: